TNI Dan Polri

Peringati Hari Armada RI, Lanal Mamuju Gelar Lomba Perahu

Sulbar.Beritanasional.id  – Puluhan Ketinting perang urat saraf pada lomba perahu Ketinting Danlanal Cup, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Armada RI Tahun 2019 yang di gelar selama 3 hari mulai pada tanggal 6 s.d 8 Desember 2019 oleh Pangkalan TNI AL Mamuju. Lomba perahu Ketinting yang dibuka oleh Danlanal Mamuju Letkol Marinir La Ode Herizal R., M.Tr.Hanla., M.M diikuti dan dimeriahkan oleh 65 peserta yang berasal dari kampung dan pesisir pantai di Kab. Mamuju, Minggu (08/12/2019).

Pelaksanaan lomba perahu Ketinting ini melibatkan masyarakat setempat dalam mendukung pelaksanaan lomba ini. Pada race hari pertama peserta lomba banyak yang mengalami kendala kerusakan mesin mulai pada start di tengah lomba bahkan ketika akan memasuki garis finish, sehingga peserta lomba belum puas dengan hasil yang didapat serta menyebabkan suasana perlobaan belum begitu terasa. Race hari kedua, bagi peserta yang mengalami kendala diadakan lomba kembali setelah memperbaiki kerusakan pada perahu Ketinting, sehingga peserta sangat antusias dan bersemangat kembali menyiapkan perahu masing-masing.

Dalam sambutannya Danlanal Mamuju menyampaikan, ”Kegiatan Lomba Ketinting ini dilaksanakan atas Inisiatif dari masyarakat Kelurahan Simboro dan Rangas, mereka datang ke Pangkalan TNI Angkatan Laut meminta agar kembali melaksanakan lomba Ketinting seperti pada tahun sebelumnya. Suatu kebahagian bagi Lanal Mamuju bisa berbuat kepada masyarakat dan besar harapan kami yang menyaksikan kegiatan ini bukan hanya masyarakat yang berada di Sulawesi Barat saja namun di luar itu, karena perahu Ketinting merupakan sarana angkut yang biasa digunakan oleh masyarakat pesisir laut Indonesia. Besar harapan kami bahwa event ini dapat dilaksankan dengan menghadirkan perwakilan dari Kabupaten yang memiliki Ketinting di seluruh pesisir laut Indonesia.”

Sementara, Kapolda Sulbar Brigjen Pol Baharuddin Djafar, dalam sambutannya ”sangat mengapresiasi Kegiatan Ketinting Race yang di selenggarakan oleh Lanal Mamuju, saya sangat bangga kepada Danlanal Mamuju Letkol Marinir La Ode yang menghadirkan inovasi untuk memajukan Mamuju. Kegiatan ini semoga mendapat perhatian oleh pemerintah Provinsi Sulbar dan Kabupaten Mamuju khususnya Dinas Pariwisata, karena saat didengar oleh Provinsi luar banyak yang ingin mengikuti lomba, sehingga potensi pariwisata pada kegiatan Ketinting sangat besar. Apa yang dikatakan Danlanal Mamuju bahwa kegiatan ini akan disampaikan hingga ke tingkat pusat agar tingkat pusat menyambut skala nasionalnya dan kita di daerah dapat laksanakan secara berkala.”

Dalam acara penutupan dihadiri oleh Brigjen Pol Baharuddin Djafar, M.Si (Kapolda Sulbar) beserta ibu, Bagus Suryo Nugroho, S.E (Kabinda Sulbar), Kolonel Inf Eventius Teddy Danarto (Danrem 142/Tatag) beserta ibu, Kolonel Inf Suyitno, S.Ip (Dandim 1418/Mamuju) beserta ibu, Kapten Adm Aswarman (Danden TNI AU Bandara Tampa Padang Mamuju) dan masyarakat Mamuju.

Kegiatan Acara penutupan lomba Ketinting ini dimeriahkan dengan kehadiran serta open ship KRI Layang – 635 di Dermaga Mako Lanal Mamuju, diiringi dengan acara musik panggung hiburan sehingga semakin menambah keceriaan masyarakat/penonton dan peserta lomba. KRI Layang – 635 menjadi daya tarik tersendiri dalam menarik minat masyarakat untuk hadir menyaksikan lomba di Markas Komando TNI AL Mamuju.

Pada kesempatan ini Kapolda, Kabinda, Ka. BNN, Danrem, Kepala Kemenkumham Sulbar, Dandim Mamuju serta pejabat teras Polda Sulbar menyaksikan final lomba Ketinting di atas KRI Layang – 635 didampingi oleh Danlanal Mamuju serta Komandan KRI Layang Letkol Laut (P) Lustia Budi, S.E.

Adapun hasil lomba perahu ketinting yang berlangsung selama 3 hari ini menghasilkan 6 juara diantaranya kategori untuk Juara 1 ketinting Mario, Juara Tercepat adalah Ketinting Toliping 02, Juara Harapan 1 Ketinting Pamase, Juara Harapan 2 Ketinting Bunga Baru, Juara Hiburan Ketinting Surya Family KBMC dan Juara Favorit adalah Ketinting Janda Sengketa 01.

”Kepada peserta yang belum berhasil bahkan mengalami penurunan dari sebelumnya, saya mengingatkan bahwa hasil hari ini merupakan tantangan untuk tampil lebih baik di hari esok, sekaligus menjadi bahan evaluasi masing-masing peserta.” tutup Danlanal Mamuju Letkol Marinir La Ode.

 

Laporan : Pen Lanan / John Tanno

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close