DaerahJawa TimurSitubondo

Peringati HBP ke-60, WBP dan Petugas Rutan Situbondo Tarung Dalam Lomba

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahan (Rutan) Kelas IIB Situbondo dan Petugas Rutan walaupun menjalani ibadah puasa ramadan, namun tetap semangat dalam ‘tarung’ berbagai lomba pada Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60.

Peringatan HBP ke-60 yang dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI sejak awal maret 2024 lalu, menjadi ajang kecerdasan dan atau ketangkasan dalam berbagai kegiatan lomba yang dilaksanakan Rutan Situbondo.

“Walaupun WBP menjalani ibadah puasa ramadan, namun tidak menyurutkan semangat para Petugas dan WBP Rutan Kelas IIB Situbondo Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur untuk bertarung dalam berbagai lomba yang dilaksanakan pada  sore hari,” jelas Kepala Rutan Situbondo, Rudi Kristiawan.

Lebih lanjut, Rudi mengatakan, dari minggu lalu petugas rutan dan warga binaan telah melaksanakan rangkaian pertarungan berbagai lomba. “Para petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan melaksanakan lomba pada sore hari yang dimulai pukul 16.00 hingga 17.30 WIB. Ini sekaligus ajang para WBP dan Petugas ngabuburit di lapangan volly dalam rutan,” ujarnya.

Lomba yang dipertarungkan, sambung Rudi, antara lain bola volly, futsal pakai sarung, tenis meja, catur bagi WBP laki-laki. Sedangkan, WBP perempuan ada yang masak-masak, jualan bazar ramadan sambil hiburan musik di lapangan dalam rutan.

“Nuansanya di dalam Rutan Situbondo kita buat layaknya sedang berada di kampung halaman mereka masing-masing. Selain, mereka menyemarakkan lomba Hari Bakti Pemasyarakatan, namun kerinduan mereka terhadap tempat tinggalnya juga bisa terobati,” tutur Kepala Rutan Situbondo.

Alhamdulillah, kata Rudi, semua WBP sangat antusias, pagi mereka mengikuti pesantren kilat, siang mendapat kunjungan keluarga dan sorenya mereka ngabuburit sambil lomba serta malam harinya mereka mengikuti ibadah Salat Tarawih. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button