Metro

Pertama Di Sulbar , BKK terbentuk Di SMK 2 Campalagian Kab Polman

Polman.Sulbar–Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Prov Sulbar, Muh Ashar meresmikan secara langsung Bursa Kerja Khusus ( BKK ) didampingi Kasek SMK 2 Campalagian Kab Polman ,H. Suardi,S.Ag, M.Pd bertempat SMK 2 Campalagian Kab Polman Sulbar , Kamis 16 September

Kegiatan dihadiri oleh seluruh Kabid Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov Sulbar , Para guru dan staf SMK 2 Campalagian ,Ketua MKKS SMK Polewali Mandar , Ketua Jurnalis Online Indonesia ” JOIN ” Dpw Sulbar Wahyuni.

Pembentukan BKK meupakan BKK Pertama yang ada dan dibentuk pada penyelenggara pendidikan tingkat SMA Prov Sulbar dimana Peresmian yang dilaksanakan tepat jelang Adzan Magrib terkesan molor karena Kadis Pendidikan Prov harus mengunjungi beberapa sekolah dalam kegiatan Safari Pendidikan ,pelaksanaannya tetap mengikuti protokol kesehatan Penanganan Pencegahan Covid 19,

Peresmian Bursa Kerja Khusus ( BKK ) ditandai dengan Pengguntingan Pita oleh Drs. Muhammad Ashar M.Si Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Sulbar, diwarnai dengan penusukan balon gas .

Plt lKadis Pendidikan Nasiinal dan Kebudayaan Muhammad Ashar Mengatakan “Saya sangat mengapresiasi apa yang telah menjadi terobosan Kepala Sekolah SMK Negeri Campalagian dengan adanya Sekretariat BKK di Sekolah ini dan mengharapkan dengan adanya BKK akan menjadi Sarana pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja dari Alumni SMK Negeri Campalagian. “Kata Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulbar, sambil menambahkan dirinya meminta maaf karena kegiatan yang seyogyanya tepat waktu harus molor karena , bertepatan dengan Safari Pendidikan ,mengunjungi 10 SMA di kab Polman .

Sememtara Kasek SMK 2 Campalagian Suardi,S.Ag, M.Pd, Mengatakan Bursa Kerja Khusus ( BKK ) merupakan wadah dalam mempertemukan tamatan dengan pencari kerja, Memberikan layanan kepada tamatan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing seksi yang ada dalam BKK. Sebagai wadah dalam pelatihan tamatan yang sesuai dengan permintaan pencari kerja serta wadah untuk menanamkan jiwa wirausaha bagi tamatan melalui pelatihan. Jelas Suardi .

Masih dengan Suardi melanjutkan BKK memiliki tugas Memberi pelayanan infomasi ketenagakerjaan kepada pelajar/siswa/mahasiswa yang akan memasuki lapangan/dunia kerja.

Membina dan mengembangkan hubungan kerjasama dengan Lembaga Pemerintah dan Swasta, termasuk dunia usaha dan alumni dalam pengadaan informasi tentang latihan kerja dan penyalurannya sebagai tenaga kerja.

Melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan rekruitmen dan seleksi calon pekerja/karyawan atas permintaan bantuan baik dari Depnaker/Lembaga Pemerintah lain atau Swasta atas bimbingan dari Departemen Tenaga Kerja.

Membina hubungan dengan alumni yang telah bekerja dan berhasil dalam bidang usaha untuk membantu memberi peluang menyalurkan, menempatkan alumni baru dari almamalemya yang memerlukan pekerjaan.

Membantu usaha pengembangan dan penyempurnaan program pendidikan dan memperhatikan tuntutan lapangan kerja serta meningkatkan peran tenaga pengajar dalam pembinaan karir siswa/pelajar/mahasiswa dan alumni.

Melakukan kegiatan pengembangan SDM meliputi pengembangan Soft Skill dan Hard Skill.

Tugas-tugas tersebut di alas dilaksanakan oleh BKK mulai dari menerima, menampung, mengidentifikasi dan mendata jenis-jenis informasi yang didapat , Urai Suardi dengan Jelas

Masih dengan Suardi mengatakan BKK dibuat khusus untuk para alumni SMK 2 Campalagian Sangatlah Bermanfaat bagi Alumni Karena BKK tersebut Sebagai Wadah dalam mempertemukan tamatan (Alumni) dengan Perusahaan Pencari pekerja, Memberikan layanan kepada tamatan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing seksi yang ada dalam BKK. Sebagai wadah dalam pelatihan tamatan yang sesuai dengan permintaan pencari kerja serta Sebagai wadah untuk menanamkan jiwa wirausaha bagi tamatan melalui pelatihan.”tutup Suardi

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close