Daerah

Petani Kopi Akan Gotong Royong Bangun Jalan Pertanian Aih Dedep

image_pdf

Gayo Lues-BeritaNasional.ID-Ratusan petani kopi yang menggarap lahan pertanian Aih Dedep, Kecamatan Dabun Gelang, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh, akan melakukan gotong royong memperbaiki akses jalan yang sudah dibuka tapi kini kondisinya memprihatinkan. Pasalnya, akses jalan yang ada selama ini sangat sulit dilintasi apalagi dalam kondisi musim hujan. Memperlancar akses tersebut para petani akan memasang rabat beton badan jalan sepanjang kurang lebih 3 Km tersebut, agar tidak licin meski musim penghujan.

“Apalagi saat ini puluhan petani sudah dapat dikatakan berhasil karena sudah masuk ke tahap panen,” kata Alam, salah satu petani Aih Dedep, Kamis 27/06/2019.

Mendukung rencana mereka, ratusan petani kopi tersebut kompak dengan melakukan kutipan pembelian pasir dan 100 sak semen.

Disampaikan, saat ini petani tinggal melakukan gotong royong karena material pasir sudah menumpuk di pinggir jalan.

“Alhamdulillah petani disini lumayan kompak, jadi tinggal perealisasian lagi,” ujar Aman Dewi juga petani kopi Aih Dedep.

Sebelumnya, petani berharap buruknya akses jalan perkebunan mereka menjadi perhatian pemerintah. Apalagi petani di sana sudah melakukan penggarapan lahan dan penanaman tanaman kopi sejak lama tanpa mengharapkan bantuan bibit. Harapan baiknya akses tersebut berdasar, giatnya pemerintah daerah mengembangang tanaman kopi di Gayo Lues, jadi sudah selayaknya lebih memperhatikan akses jalan pertanian terutama akses jalan kebun kopi yang sudah menunjukkan hasil dari keseriusan petani selama ini.

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close