AdvedtorialPolitik

Pilkada Bone Bolango: Pantarlih Diharapkan Selesaikan Pemutakhiran Data Pemilih Dalam 2 Hari

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO — Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) diharapkan bisa menyelesaikan pemutakhiran data pemilih dalam jangka waktu 2 sampai 3 hari saja. Hal ini disampaikan Koordinator Divisi Data KPU Kabupaten Bone Bolango, Adnan Berahim saat diwawancarai disela – sela kegiatan Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data Pemilih dan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) serta E-coklit, di Ballroom Hotel Damhil, Selasa 18 Juni 2024.

“Kita berharap ada Pantarlih yang bisa menyelesaikannya selama 2 hari, 3 hari di masing – masing TPS, karena di Pilkada 2020 kemarin ada yang menyelesaikannya hanya dengan waktu 2 hari saja,” ucapnya.

Untuk pelaksanaan pemutakhiran data pemilih ini kata Adnan, akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan yakni mulai dari 24 Juni sampai 24 Juli 2024.

Adnan menjelaskan bahwa secara teknis untuk pemutakhiran data pemilih dalam satu TPS apabila jumlah pemilihnya sampai dengan 400 pemilih, maka pemutakhiran dilakukan oleh satu orang Pantarlih. Namun, jika jumlah pemilihnya melebihi 401 sampai 600 pemilih, maka pemutakhiran akan dilakukan oleh dua orang Pantarlih.

Lebih lanjut Adnan menjelaskan bahwa penggunaan aplikasi Sidalih dan E-coklit ini akan membantu dalam memastikan data pemilih yang akurat dan terupdate, yang sangat krusial untuk kelancaran proses pemilihan kepala daerah.

“Bimtek Sidalih dan E-coklit ini adalah modal atau persiapan untuk pelaksanaan pencocokan penelitian data pemilih yang akan dilakukan oleh pantarlih,” jelasnya.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button