AdvedtorialMamujuSulawesi BaratSulbar

Pj Bahtiar: Sukun Sumber Gizi Alternatif dan Perkuat Ketahanan Pangan

BeritaNasional.ID.MAMUJU SULBAR — Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin terus berupaya menggalakkan program penanaman pohon sukun di seluruh wilayah Sulbar.

Kali ini, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri itu melakukan penanaman pohon sukun di Mata Uwai, Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulbar, Jumat, 23 Agustus 2024.

Bahtiar Baharuddin mengungkapkan, pihaknya ingin menjadikan sukun sebagai sumber gizi alternatif bagi seluruh masyarakat yang ada di Sulbar.

“Nah, hari ini seperti gerakan kita selama ini adalah gerakan menanam sukun. Kita hendak menjadikan sukun sebagai sumber gizi alternatif masyarakat atau memperkuat kedaulatan pangan kita,” kata Bahtiar Baharuddin.

Selain itu, kata dia, pihaknya ingin mengurangi ketergantungan masyarakat Sulbar terhadap beras.

“Jadi, mengurangi ketergantungan pada beras, maka kita harus mencari sumber-sumber makanan yang memiliki karbohidrat tinggi dan memang sudah tumbuh di wilayah Sulbar, tinggal jumlahnya kita tambahkan,” ungkapnya.

Bahtiar Baharuddin pun berikhtiar, bakal membagikan 1 juta bibit pohon sukun di Sulbar pada 2025 mendatang. Selain untuk ketahanan pangan, pohon sukun juga berfungsi untuk menghindarkan masyarakat dari bahaya bencana alam berupa tanah longsor.

“Tahun depan, kami ikhtiarkan akan membagikan 1 juta pohon sukun untuk kita tanam di seluruh wilayah Sulbar karena pohon sukun ini akarnya sangat kuat, juga bisa mengatasi longsor yang kita tau bahwa daerah Sulbar ini lebih banyak bukit, gunung dan rawan longsor,” tutur Bahtiar Baharuddin.

“Saya kira manfaatnya banyak sekali, gizinya ada, memperkuat ketahanan pangan, sekaligus upaya kita untuk menangani longsor sekaligus menurunkan emisi karbon. Jadi, multi efek, multi manfaat dan tiada hari tanpa menanam sukun,” tutupnya. (frd/yuni

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button