Lumajang

Pj Bupati Lumajang Berharap GPM Menjadi Pengendali Inflasi Daerah

BeritaNasional.ID, LUMAJANG JATIM – Mengendalikan inflasi untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan serta meminimalisasi dampak gejolak kenaikan harga pangan, Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian menyelenggarakan Gerakan Pangan Murah (GPM).

“Melalui GPM ini saya berharap banyak dapat mengendalikan inflasi serta menjaga stabilitas pasokan dan harga, semoga kegiatan ini nantinya menjadi kegiatan rutin untuk menjaga gejolak inflasi,” ujar Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Bunda Yuyun) saat membuka GPM di Halaman Barat Stadion Semeru Lumajang, Selasa (03/09/2024).

Yuyun menerangkan bahwa pemerintah memiliki kewajiban menyediakan bahan pangan pokok yang berkualitas dengan harga terjangkau. Melalui GPM ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengakses pangan dengan harga yang terjangkau.

“Saya minta Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian dan Kadiskopindag koordinasi mengecek ketersediaan pasokan, saya minta adanya perhatian permintaan pasar. Harus rembug nyekrup antar OPD, sehingga harga yang kita pantau terkendali,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Lumajang, Retno Wulan Andari menjelaskan bahwa pada saat kondisi inflasi terjadi, kenaikan harga pangan cukup mempengaruhi daya beli masyarakat. Hal ini mengurangi keterjangkauan masyarakat terhadap pangan.

“Untuk mengendalikan inflasi pangan, Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam hal ini DKPP melakukan kegiatan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan melalui Gerakan Pangan Murah (SPHP GPM),” jelasnya.

Gerakan Pangan Murah (GPM) merupakan upaya dalam rangka Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan serta Pengendalian inflasi Daerah dengan menggandeng stakeholder terkait antara lain: BUMD pangan, petani, peternak dan pelaku Uusaha pangan lainnya untuk menyediakan pangan murah berkualitas kepada masyarakat dengan harga di bawah pasar.

Oleh sebab itu, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang bekerjasama dengan Bulog Sub Divre Probolinggo, Produsen dan Distributor yang ada di Kabupaten Lumajang, antara lain: PT. Sinergi Gula Nusantara (SGN) PG. Djatiroto, PT. Niki Tunggal, PT. Nagayana Venia Union, CV. Mitra Abadi Selalu, pelaku UMKM, Kelompok P2L dan Poktan/Gapoktan binaan DKPP. (Rochim/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button