DaerahLangkatSumateraSUMUT

Plt Bupati Langkat Dukung Pelayanan Terpadu Pernikahan oleh PA, Kemenag dan Disdukcapil

BeritaNasional.ID, LANGKAT SUMUT – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H.Syah Afandin, di dampingi Plt Dinas PMD Langkaat Drs.Basrah Pardomuan, Kabag Tapem H.Suriyanto, menerima kunjungan audensi/silaturahmi Ketua Pengadilan Agama (PA) Stabat, Evawaty dan pihak Disdukcapil, bertempat di Rumah Dinas Bupati Langkat, di Stabat, Rabu (10/5/2023).

Ketua Pengadilan Agama Stabat Evawati, dampingi Wakil Ketua Pengadilan Agama Stabat Sri Armaini, Panitera Pengadilan Agama Stabat Fuad Hilmi Nasution, Sekretaris Pengadilan Agama Stabat Sahlan Hasibuan, dan Kasubag Umum Humala Pontas.

Evawati dikesempatan itu menyampaikan tujuan kedatangan untuk mohon dukungan kepada Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin, terkait dimana Pengadilan Agama Stabat akan di melaksanakan pelayanan terpadu yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Langkat, melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil, serta Kemenag Langkat.

Adapun layanan terpadu ada tiga komponen, jelas Evawati, yang di laksanakan yaitu dari pihak Pengadilan Agama Stabat melakukan persidangan berupa sidang isbad nikah, dari Kemenag adalah hasil putusan pengadilan agama suami istri nikah sah maka KUA dapat mengeluarkan buku nikah, dan dari Dukcatpil dapat mengeluarkan kartu keluarga.

“Putusan pengadilan terhadap pengesahan pernikahan (produk pengadilan) buku nikah (produk Kemenag) dan kartu keluarga (produk Dukcatpil) dapat dikeluarkan pada hari itu juga,” paparnya.

Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap Pengadilan Agama Stabat, dimana mereka akan membuat layanan terpadu guna memudahkan masyarakat Kabupaten Langkat dalam hal pelayanan persidangan isbad nikah dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Langkat melalui Dinas Dukcatpil, dan Kemenag Langkat.

“Masyarakat mendapatkan pelayanan, sudah mendapat buku nikah, dan kartu keluarga dari Dukcatpil. Semoga layanan terpadu yang di laksanakan nantinya membawa manfaat bagi masyarakat Kabupaten Langkat,” harapnya.(Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button