Daerah

Polda Sulbar gelar Upacara Hari Ibu ke 91 Tahun

Sulbar.Beritanasional.id- Peranan ibu dalam kehidupan kita amatlah besar sehingga jasa-jasanya bahkan banyak diabadikan dalam Al-Qur’an. Tak hanya itu, pemerintah dunia bahkan telah menetapkan hari istimewa untuk sosok ibu yang rutin di peringati setiap tanggal 22 Desember pada kelender tahunan.

Dihari ibu yang ke 91, Kepolisian Daerah Sulawesi Barat (Polda Sulbar) dalam ini juga tak ketinggalan memperingati hari ibu dengan melaksanakan upacara bendera, Senin (23/12/19) di lapangan utama Mapolda Jalan Aiptu Nurman Kalubibing.

Upacara peringatan hari ibu ini dipimpin langsung oleh Wakapolda Sulbar Kombes Pol DR. Endi Sutendi, SIK, SH, MH dihadiri oleh para Pejabat Utama dan seluruh personil serta bhayangkari.

Pelaksanaan upacara hari ibu kali ini melibatkan seluruh peran srikandi Polri dengan mengambil alih tugas sebagai pelaksana upacara mulai dari Komandan Upacara, pengibar bendera, pembacaan teks Undang-undan Dasar (UUD) 1945 dan sebagainya.

Hal ini membuktikan sosok wanita atau ibu itu multitalenta dan memiliki jiwa yang kuat, mampu berbuat dalam kondisi apapun.

Wakapolda Sulbar dalam sambutannya menyebutkan hakikat Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Peringatan hari ibu kali ini mengambil tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”. Tema ini diharapkan dapat menginspirasi para pemangku kepentingan di pusat maupun di daerah untuk terus berkomitmen meningkatkan kualitas hidup perempuan Indonesia, serta memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor.

Perempuan apabila diberi peluang dan kesempatan yang sama dengan kaum pria, akan mampu meningkatkan kualitas dirinya, serta mengembangkan segala potensi yang dimilikinya untuk berkarya.

“Saat ini, sudah terbukti bahwa perempuan mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan (agent of change),” tutur Wakapolda.

Diakhir sambutannya, Wakapolda menitipkan pesan kepada Polwan dan ASN wanita yang dibanggakan yaitu :

1) Kembangkan kemampuan dan tingkatkan kompetensi secara terus menerus dalam memberikan kontribusi bagi institusi Polri, masyarakat, bangsa, dan negara;

2) Tetap profesional sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya tanpa mengesampingkan
kodratnya sebagai seorang wanita yang memiliki peran ganda;

3) Tingkatkan manajemen keluarga, dengan memaksimalkan peran sebagai ibu rumah tangga sekaligus sebagai wanita karier. Bijaklah dalam bersosial media dan jangan bergaya hidup mewah;

4) Tingkatkan sinergisitas dengan perempuan dari berbagai kalangan dan profesi lain untuk memperluas jaringan, menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman, serta memperkuat persatuan dan kesatuan perempuan Indonesia. Polri tidak dapat bekerja sendiri;

5) Tetap semangat, tulus, dan ikhlas dalam pengabdian sebagai Polwan dan ASN wanita, sehingga dapat menjadi perempuan-perempuan tangguh dan unggul yang berperan aktif dalam mewujudkan Indonesia maju. Tanamkan kebanggaan dalam dirimu, karena itulah yang akan menjadi motivasi untuk memberikan pengabdian terbaik kepada institusi.

“Selamat memperingati hari ibu dan selamat bertugas kepada seluruh Polwan Republik Indonesia dan ASN wanita di mana pun berada,” Tandas Wakapolda.

Kabid Humas AKBP Hj. Mashura mewakili Polwan dan Seluruh ASN Wanita berharap kehormatan wanita dan kemulian seorang ibu dapat dijaga dengan baik, jangan sampai kita sebagai wanita malah merendahkan martabat kita sendiri dengan hal-hal yang tidak sepantasnya, tegas Kabid Humas.

Humas Polda Sulbar

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close