Kalimantan Barat

Polres Sekadau dan BKO Brimob Patroli Skala Besar, Ciptakan Kondisi Aman dan Kondusif Jelang Pemilu 2024

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Polres Sekadau menggelar patroli skala besar di tiga kecamatan, Senin (12/2/2024), untuk menciptakan kondisi Kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang pemungutan suara Pemilu 2024. Patroli ini melibatkan personel gabungan dari Dalmas Polres Sekadau dan BKO Brimob Polda Kalbar.

Kapolres Sekadau, AKBP Dr. I Nyoman Sudama, S.I.K., M.Si, melalui Kasat Samapta IPTU Triyono, S.H, mengatakan bahwa patroli skala besar tersebut bertujuan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas yang dapat mengganggu jalannya Pemilu 2024.

“Kami ingin memastikan bahwa seluruh tahapan Pemilu 2024 berjalan dengan lancar, aman, dan demokratis. Kami juga ingin memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya,” ujar IPTU Triyono.

Kasat Samapta IPTU Triyono menjelaskan bahwa patroli skala besar tersebut berlangsung sejak pukul 09.00 hingga pukul 18.45 WIB. Patroli dimulai di Kecamatan Nanga Mahap, kemudian Nanga Taman, dan terakhir di Sekadau Hulu.

“Kami melakukan monitoring dan pengecekan pendistribusian logistik dari gudang logistik PPK ke masing-masing PPS. Kami juga berkoordinasi dengan para Kapolsek terkait dengan pengamanan tahapan masa tenang dan menjelang pemungutan serta penghitungan suara di TPS,” jelasnya.

Selain itu, patroli gabungan juga melaksanakan dialogis dengan masyarakat sekitar. Mereka memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menggunakan hak pilihnya secara demokratis dan konstitusional.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terpengaruh oleh isu-isu yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Kami juga mengajak masyarakat untuk menjaga situasi yang aman dan kondusif, serta menghindari tindakan yang melanggar hukum. Kami berharap masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2024 dengan menggunakan hak pilihnya secara cerdas dan bertanggung jawab,” ujar IPTU Triyono.

Dalam pelaksanaan patroli tersebut, situasi di seluruh wilayah yang dilalui oleh anggota patroli berjalan dengan aman dan lancar. Tidak ada permasalahan yang signifikan yang ditemukan. Selain itu, situasi Kamtibmas secara umum juga kondusif.

Patroli skala besar ini akan dilaksanakan kembali pada besok di wilayah tiga Belitang, yaitu Kecamatan Belitang Hulu, Belitang dan Belitang Hilir. (Aji/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button