Kalimantan Barat

Polres Sekadau dan Polsek Jajaran Lakukan Pemantauan Ketinggian Debit Air

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Jajaran Polres Sekadau melaksanakan pemantauan dan monitoring ketinggian debit air di wilayah Kabupaten Sekadau. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pengecekan banjir di beberapa desa dan sungai pada Sabtu (20/1/2024).

Kapolres Sekadau AKBP Dr. I Nyoman Sudama, S.I.K., M.Si, melalui Kasi Humas AKP Agus Junaidi menjelaskan, pemantauan dan pengecekan debit air dilakukan oleh masing-masing Polsek jajaran.

“Di Kecamatan Sekadau Hilir, pengecekan dilakukan di Desa Tanjung, Desa Seberang Kapuas, Desa Mungguk, Desa Sungai Ringin, Desa Sungai Kunyit, Desa Merapi, dan Desa Seraras,” jelas Kasi Humas.

Desa Tanjung mengalami banjir dengan ketinggian banjir mencapai 50 cm hingga 1 m. Sebanyak 10 rumah dan 300 KK terkena dampak banjir, namun tidak ada laporan kerugian yang disebabkan oleh banjir. Desa Seberang Kapuas juga mengalami permasalahan serupa, dengan 5 rumah terendam dan 130 KK terdampak banjir.

Sementara itu, Desa Mungguk, Desa Sungai Ringin, Desa Sungai Kunyit, Desa Merapi, dan Desa Seraras juga mengalami banjir, namun tidak ada rumah yang terendam. Banyaknya KK terdampak bervariasi antara 100 hingga 150 KK, dengan jumlah penduduk terdampak mencapai ratusan jiwa. Untungnya, tidak ada laporan mengenai kerugian material dalam kejadian ini.

Lanjut AKP Agus, selain itu, di Kecamatan Belitang Hilir juga dilakukan pengecekan dan pemantauan banjir. Desa Sepantak, Desa Sungai Ayak Dua, Desa Sungai Ayak Satu, dan Desa Entabuk menjadi fokus pemantauan tersebut.

“Meskipun beberapa desa mengalami peningkatan ketinggian air, namun tidak ada laporan tentang rumah-rumah yang terendam dan kerugian material yang terjadi,” tambahnya.

“Kami mengimbau kepada masyarakat di wilayah Sekadau yang berpotensi banjir untuk tetap waspada,” imbaunya.

“Pemerintah Daerah Sekadau sudah mengumumkan status Siaga Darurat Bencana Bantingsor, sehingga masyarakat diminta untuk mengikuti instruksi serta menjaga keselamatan diri dan harta benda,” ujarnya.

Dalam kondisi cuaca mendung seperti saat ini, Polres Sekadau mengingatkan masyarakat untuk selalu memperhatikan perkembangan debit air dan memastikan keselamatan diri serta keluarga.

“Kepolisian tetap siap memberikan bantuan dan koordinasi dengan instansi terkait dalam penanganan bencana banjir di wilayah Kabupaten Sekadau,” pungkasnya. (Aji/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button