Nasional

Polri Siagakan Delapan Ribu Personil Gabungan TNI Amankan Asian Games 2018

BeritaNasional.ID Jakarta – Polri akan menerjunkan sebanyak 8 ribu personil gabungan dibantu TNI untuk mengamankan jalannya pesta olahraga Asian Games 2018. Selain itu Polri juga menyiapkan personil cadangan jika terjadi kontingensi atau peristiwa tak terduga.

“Kemudian semua wilayah juga saya perintahkan untuk mengamankan wilayah masing-masing seluruh Indonesia termasuk di Polda di Polres-Polres lain yang ada di Jakarta. Kami juga sudah buat sistem ring dan sudah berkoordinasi dengan Inasgoc,” kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Rabu (15/8/2018).

Ia pun menambahkan, pihak panitia akan melakukan seleksi setiap pengunjung dan tamu masuk kedalam area pertandingan saat pembukaan Asian Games yang diperkirakan mencapai 20 hingga 30 ribu orang. Selain itu sebagian tempat akan dipakai untuk ornamen-ornamen termasuk panitia.

Bukan cuma itu, satgas gabungan akan memonitoring di command centre yang ada di Polda Metro Jaya dan Senayan. Untuk memonitor lokasi area event di Gelora Bung Karno memiliki 600 CCTV dan untuk meng-cover venue-venue yang ada di masyarakat ada sekitar 400 CCTV di pantau dari Polda Metro Jaya.

“Ada dua command centre di Senayan dengan yang ada di Polda Metro Jaya. Satgas gabungan itu dari Polda Metro, Pemda serta pihak terkait pemadam kebakaran dan semua ada di dalam one roof (satu atap),” tukasnya.

Pihak kepolisian juga akan melakukan rekayasa lalu lintas saat membawa rombongan atlet dari Wisma Atlet di Kemayoran, pada Sabtu siang hingga sore menuju Gelora Bung Karno menggunakan bus. “Rekayasa lalin otomatis akan kami lakukan, nanti ada mobilisasi atlet dari Wisma Atlet Kemayoran agar dampaknya tidak menimbulkan kemacetan,” ujarnya.

Pada saat memasuki proses opening dan closing pintu yang dibuka antara lain, pintu 1 hingga 11. Sedangkan yang ditutup adalah gerbang 3 dan 4. Selain itu bagi pengunjung yang datang disediakan parkir VIP di Hotel Mulia, Plaza Senayan, Ratu Plaza, Hotel Fairmont, dan Senayan City.

“Pintu 1 peruntukan rangkaian RI 1 dan VVIP dari Hotel Mulia, Plaza Senayan dan Senayan City. Jadi berangkat bersama jalan kaki menuju stadion. Para tamu VIP berkumpul di Hotel Fairmont dan berjalan kaki ke GBK melalui pintu 2. Maksimal pukul: 18.15 wib seluruh VIP sudah berada di GBK,” sambung Ditlantas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf.

Sementara penonton menggunakan pintu 5, 6 dan 7. Untuk media menggunakan pintu 8, logistik 9 serta atlet dan ofisial lewat pintu 10.

Berikut pengalihan arus lalu lintas di area GBK:

FLY OVER SENAYAN DAN LADOKGI

Kendaraan dari arah Semanggi diarahkan lurus ke arah Slipi
Kendaraan dari arah TL Lapangan Tembak diarahkan lurus naik fly over atau belok kiri ke arah Slipi, tidak ada yang memutar di bawah fly over Skat 2.
Kendaraan dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju ke arah Jalan Gerbang Pemuda
PINTU FX SUDIRMAN/JALAN PINTU 1 SENAYAN

Penutupan Pintu FX Sudirman/ Jalan Pintu I Senayan
Kendaraan dari arah Bundaran Senayan diarahkan lurus ke arah Semanggi melaui jalur cepat.
Pintu masuk FX sudirman yang melalui Jalan Jend Sudirman dibuka namun pintu keluar yg melalui Jalan Pintu Satu Senayan ditutup.
TL SENAYAN CITY

Kendaraan dari arah Jalan Mustopo yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika diarahkan masuk ke Jalan Pakubuwono.

PEREMPATAN PATAL SENAYAN 1.

Kendaraan dari arah Jalan Patal Senayan 1 yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika diarahkan berputar balik atau dibelokan ke kiri arah Jalan Senayan 2/ Permata Hijau.

TL LAPANGAN TEMBAK

Kendaraan dari arah TL Palmerah diarahkan belok kiri menuju fly over Skat 2. (dki1/bn.id)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button