Wartawan BeritaNasional.ID Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
Nasional

Polri Siap Amankan Proses Pencetakan Surat Suara 2019

image_pdf

BeritaNasional.ID Jakarta – Kepolisian Republik Indonesia siap mengamankan proses pencetakan surat suara Pemilu Serentak 2019 di lokasi percetakan logistik pemilu. Polri bakal menerjunkan dua hingga lima personel untuk mengamankan satu lokasi percetakan.

“Di tempat percetakan, Polri ada di sana untuk mengamankan selama 1×24 jam. Jumlah personel yang diturunkan sekitar dua hingga lima personel,” ujar Staf Operasi (SOPS) Mabes Polri AKBP Gusti Maychandra, kepada wartawan di Jakarta, Minggu (20/1/2019).

Polri, kata Gusti, tidak sendirian, tetapi bersama-sama dengan tim quality control dan tim kontrol dari Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta yang juga akan mengamankan proses pencetakan. Selain itu, kata dia, pihak internal perusahaan juga memiliki pengaman.

“Tidak ada lokasi percetakan yang berada di daerah dengan kerawanan tinggi. Karena, secara internal baik polri, KPU dan Bawaslu telah mengamankan proses pencetakan surat suara untuk pemilu ini,” tandas dia.

Tak hanya proses pencetakan, lanjut Gusti, Polri juga akan melakukan pengamanan distribusi surat suara sampai di tempat penyimpanan. Gusti memastikan surat suara bakal aman sampai lokasi penyimpanan.

“Semua tetap sama, pasti akan kami amankan. Tentunya kita akan berkoordinasi ke KPU, apakah diminta atau tidak diminta tentunya kita mengawal smpai ke penyimpanan,” pungkas dia.

KPU telah resmi memulai proses produksi surat suara untuk kebutuhan Pemilu 2019. Total surat suara sebanyak 939.879.651 lembar yang akan diproduksi serentak oleh enam perusahan yang mempunyai konsorsium tersebar di 35 lokasi, di 3 provinsi. (dki1/bn)

Show More

Related Articles

Close