DaerahJawa TimurRagamReligiSitubondoWisata

Ponpes Salafiyah Safi’iyah Sukorejo Situbondo Menjadi Tempat Konvensi Wisata Religi Dunia Tahun 2024

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, meresmikan Konvensi Wisata Religi Dunia Tahun 2024 di Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Sabtu (14/1/2023).

Dalam kesempatan itu, Sandiaga mengawali acaranya dengan ziarah ke makam KHR. Syamsul Arifin; KHR. As’ad Syamsul Arifin dan KHR. As’ad Syamsul Arifin. Kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah di kediaman KHR. Achmad Azaim Ibrahimy dan dilanjutkan dengan meresmikan Kawasan Wisata Religi di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo.

Dalam keteramgan pers, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan bahwa, Kemenparekraf Republik Indonesia menggagas Konvensi Wisata Religi Dunia Tahun 2024 digelar di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo.

“Alhamdulillah pembangunan wisata religi tahap pertama ini sudah rampung dan kita resmikan hari ini. Namun ini masih ada tahap-tahap berikutnya,” jelas Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno dihadapan sejumlah wartawan.

Lebih lanjut, Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan, Konvensi Wisata Religi Dunia Tahun 2024 di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo ini, rencananya dihadiri oleh tujuh perwakilan negara muslim. Diantaranya Turki, Malaysia, Uzbekistan, Singapura, Brunei Darussalam, Maroko dan negara di Eropa. “Saya optimis, nantinya Situbondo bisa menjadi pusat wisata religi di Tapal Kuda. Sehingga berdampak terhadap kunjungan wisatawan, khususnya mancanegara ke Kota Santri Situbondo,” jelasnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Sandiaga Salahuddin Uno, namun Menparekraf Republik Indonesia ini juga menerankan bahwa di kawasan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo ini juga akan dibuatkan peta perjalanannya dan salah satu tempat pemberhentiannya dan stand-stand UMKM.

Dilain pihak, Bupati Situbondo, Karna Suswandi menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo bakal mensupport penuh kebutuhan event Konvensi Wisata Religi Dunia Tahun 2024 yang akan berlangsung di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo ini

“Pemkab Situbondo pasti menyiapkan diri untuk bisa mensukseskan event Konvensi Wisata Religi Dunia Tahun 2024 di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo ini. Oleh karena itu, berbagai persiapan akan kita laksanakan sampai pada acara nanti. Dan saya juga menegaskan kepada Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Situbondo untuk terus berkoordinasi dan mensukseskan event tersebut,” tegas Bupati Situbondo.

Sementara itu, keterangan yang disampaikan KHR. Achmad Azaim Ibrahimy Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo menjelaskan, bahwa pesantren sangat mendukung pelaksanaan Konvensi Wisata Religi Dunia tahun 2024 mendatang. “Karena pesantren tumbuh kembannya bersama masyarakat, maka konsepnya harus melibatkan seluruh elemen masyarakat,” tuturnya.

Bukan hanya itu yang disampaika Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, KHR Achmad Azaim Ibrahimy, namun beliau juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Situbondo. Karena hal ini merupakan atensi dari pemerintah daerah Kabupaten Situbondo dan pihak terkait lainnya.

“Konsepnya harus dimatangkan, segmennya juga dibaca luas lagi, karena ini wisata religi, nilai kearifan lokal tidak boleh ditinggalkan, karena itu adalah garis untuk terus mengawal. Sehingga wisata berjalan, dan nilai religi tetap ada dalam setiap batin kita,” pungkas Kiai Azaim.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker