GorontaloWisata

Promosikan Pariwisata Lewat SIP HPMU, Disparpora Bone Bolango Kerja Sama Dengan Grand Q Hotel Gorontalo

BeritaNasional.ID, Bone Bolango – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango terus menggiatkan pembangunan di sektor pariwisata.

Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bone Bolango, Abdul Halim Katili mengungkapkan bahwa di tahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango menganggarkan 10,5 milyar rupiah untuk pembangunan infrastruktur pariwisata Bone Bolango, seperti pembangunan sauna dan SPA Lombongo, pembangunan Foodcourt Lombongo, penataan jalan objek wisata Lombongo, penataan objek wisata Benteng Ulantha, penataan objek wisata Danau Perintis, penataan objek wisata Pantai Botutonuo, dan penataan objek wisata Hiu Paus di Botubarani.

“Pembangunan ini tentunya membutuhkan promosi wisata yang massif dan sinergitas dari pemangku kepentingan sehingga dengan hal tersebut diharapkan akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bone Bolango,”kata Halim.

Untuk menjawab tuntutan tersebut maka Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bone Bolango melaunching Aplikasi SIP HPMU (Sistem informasi Promosi Harmoni Pariwisata yang Maju dan Unggul), yang digelar di Halaman Kantor Bupati Bone Bolango, Kamis (10/11/2022).

Untuk diketahui bahwa SIP HPMU adalah sistem informasi yang diluncurkan untuk menyatukan seluruh pemangku kepentingan kepariwisataan di Kabupaten Bone Bolango, mulai dari hotel, transportasi, tour guide (pemandu wisata), dan pengelola objek wisata, yang pada muaranya adalah bertujuan untuk memberikan informasi yang jelas dan akuntabel kepada wisatawan tentang objek wisata yang ada di Bone Bolango sehingga wisatawan menjadi lebih dimudahkan mendapatkan informasi paket wisata serta mendapat kepastian harga yang akan dikeluarkan untuk berwisata di Kabupaten Bone Bolango, sehingga hal ini akan meningkatkan jumlah kunjungan wisata dan pada akhirnya akan menaikkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bolango.

“Dengan SIP HPMU akan tercipta sinergitas antara pemangku kepentingan yakni pihak hotel, pengelola transportasi wisata, tour guide serta pengelola objek wisata sehingga memudahkan berkoordinasi satu dengan yang lainnya dan dapat memberikan pelayanan terbaik untuk wisatawan yang ada di Kabupaten Bone Bolango,”papar Halim

Disisi yang lain, kata Halim, bahwa SIP HPMU pula menjadi wadah bagi pengelola objek wisata dalam melaporkan jumlah kunjungan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata di Kabupaten Bone Bolango.

“Sehingga dengan data tersebut dapat membantu Pemerintah Daerah dalam mengambilan kebijakan di bidang pariwisata di Kabupaten Bone Bolango,”pungkasnya.

Dalam mempromosikan pariwisata di Kabupaten Bone Bolango melalui SIP HPMU ini pihak Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bone Bolango bekerjasama dengan manajemen Grand Q Hotel Gorontalo.

Saat diwawancarai awak media, Direktur Operasional Grand Q Hotel Gorontalo, Rima Fazriah Usman mengatakan bahwa kerja sama tersebut dalam rangka mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten Bone Bolango.

“Nanti ada barcode (SIP HPMU) yang akan di share ke kami (manajemen Grand Q Hotel Gorontalo) yang nantinya akan ditempatkan di Front Desk kami,”ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bone Bolango, Yamin Abas menjelaskan bahwa setiap wisatawan yang berkunjung atau menginap di Grand Q Hotel Gorontalo bisa langsung melakukan scan barcode tersebut untuk mengetahui semua hal yang terkait dengan pariwisata di Kabupaten Bone Bolango.

“Jadi wisatawan atau orang yang berkunjung ke Grand Q Hotel Gorontalo ini bisa mengetahui seluruh informasi tentang pariwisata di Kabupaten Bone Bolango dengan cara scan barcode tersebut,”tandasnya.

Ditanya kemungkinan untuk kerjasama dengan pihak hotel yang lain, Yamin mengatakan bahwa untuk saat ini pihaknya baru kerjasama dengan Grand Q Hotel Gorontalo dan berharap kerjasama ini akan berlangsung terus menerus.

“Harapannya kerja sama ini akan berlangsung secara terus menerus,”ujarnya.

Senada dengan Yamin, Direktur Operasional Grand Q Hotel Gorontalo, Rima Fazriah Usman mengatakan bahwa pihaknya sangat senang bisa bekerjasama dengan Pemda Bone Bolango.

“Sebenarnya kerjasama dengan pihak Bone Bolango ini sudah lama meski belum secara formal. Banyak kegiatan Pemda Bone Bolango yang sering dilaksanakan di Grand Q Hotel Kota Gorontalo. Dan kami sangat senang dengan hal itu,”tutupnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button