BanjirDaerahJawa TimurRagamSitubondoSosialTNI Dan Polri

Puluhan Pohon Tumbang di Jalur Pantura Situbondo dan Permukiman Penduduk Terendam Banjir

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Akibat hujan deras yang disertai dengan angin kencang yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Situbondo mengakibatkan puluhan pohom tumbang di Jalur Pantura Situbondo dan ratusan rumah-rumah penduduk tergenang banjir, Jumat (23/12/2022).

Banjir rob terjadi di Dusun Pesisir Tengah dan Utara, Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo merendam ratusan rumah nelayan. Di Dusun Ardiwilis, Desa Paowan, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo air sungai meluap membanjiri permukiman penduduk.

Keterangan yang disampaikan Puriyono penyusun laporan pada Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Situbondo mengatakan, selain bencana banjir melanda beberapa daerah di Kabupaten Situbondo juga terjadi pohon tumbang berbagai jenis.

“Hujan deras yang disertai angin kencang mengguyur Kabupaten Situbondo mengakibatkan rumah-rumah penduduk terendam banjir dan mengakibatkan 18 pohon berbagai jenis tumbang di beberapa lokasi,” ujarnya Puriyono.

Lebih lanjut, pria yang akrab di panggil Ipung ini mengatakan, pohon tumbang tersebut terjadi di Jalan Raya Pantura Pasir Putih, depan Wisata Bahari Pasir Putih tepatnya di pintu tiga. “Di lokasi ini ada pohon tumbang jenis mahoni. Kemudian di depan Foresta Pasir Putih, satu pohon trembesi juga tumbang penutupi jalan,” tuturnya.

Selanjutnya, di Jalan Raya Pantura, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo ada dua Pohon Mahoni yang tumbang, di Jalan Desa Wringin Anom, Kecamatan Panarukan, ada dua pohon yang tumbang, di Jalan Desa Peleyan, ada dua pohon tumbang, di Jalan Desa Duwet, tiga pohon tumbang, di Jalan Pantura Kapongan, satu pohon tumbang, di Jalan Pantura Landangan, dua pohon tumbang, di Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Mimbaan, ada satu pohon tumbang, di Jalan Desa Olean, satu pohon tumbang dan Desa Talkandang, satu pohon tumbang.

Lebih lanjut, Puriyono mengungkapkan, begitu menerima informasi adanya pohon tumbang dari masyarakat yang dikirim via Graop WhastApp PB Situbondo tersebut, petugas gabungan dari BPBD Situbondo, Tagana Dinsos, BP 1312 Kwarcab Situbondo, TNI-Polri mendatangi lokasi kejadian.

“Agar arus lalu lintas di jalur pantura Situbondo lancar, kami bersama TNI, Polri, Tagana Dinsos dan pihak terkait lainnya langsung melakukan evakuasi pohon tumbang dengan cara pemotongan menggunakan gergaji mesin dan peralatan lainnya,” jelas Ipung.

Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa maupun luka. “Untuk kerugian materi akibat banjir masih di data sedangkan kerugian akibat pohon tumbang nihil. “Menghadapi cuaca ekstrem, kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Situbondo untuk meningkatkan kewaspadaannya. Karena cuaca ekstrem berupa hujan deras yang disertai dengan angin kencang masih berpotensi terjadi di Kabupaten Situbondo,” himbau Ipung. (Heru/Bernas)

Petugas Gabungan ketika mengevakuasi pohon tumbang yang melintang di tengah jalan (Heru Hartanto/BeritaNasional.id)
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button