BondowosoDaerahJawa TimurMenuju Pemilu 2024

Puluhan Ribu Warga Bondowoso Hadiri Deklarasi Laskar Santri Dukung Amin

Berita Nasional ID, BONDOWOSO JATIM – Ratusan tokoh agama Islam beserta santri pendukung pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) mendeklarasikan berdirinya Laskar Santri AMIN.

Menurut keterangan yang diterima Berita Nasional.ID, kegiatan tersebut dihadiri oleh setidaknya ratusan kiai dan nyai dari berbagai daerah serta 10 ribu warga. Deklarasi Laskar Santri Amin berlangsung di lapangan Desa Lombok Wetan Kecamatan Wonosari, pada Senin malam, 11 Desember 2023.

Koordinator Pengarah Deklarasi Laskar Santri AMIN, KH. Kholil Nawawi, mengatakan salah satu bentuk kontribusi laskar tersebut adalah pengawasan Pemilu secara independen. Menurutnya, santri memiliki peran untuk menyampaikan nilai-nilai Islam dalam momen Pemilu, yaitu pentingnya kejujuran, keadilan, dan integritas.

“Kami mengajak semua pihak untuk mendukung peran santri dalam menjaga Pemilu 2024 yang bersih dan adil,” ungkap keluarga Ponpes Sidogiri Pasuruan ini.

Ditempat yang sama, Gus Ali Mudassir , Ketua Laskar Santri Bondowoso menyatakan bahwa santri juga berperan dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Dia berujar santri dapat membantu meningkatkan kesadaran pemilih dengan pemahaman mendalam tentang proses pemilu, hak pilih, dan pentingnya suara rakyat. Dalam konteks ini, kata Gus Mudassir, Laskar Santri AMIN mendukung partisipasi aktif dalam Pemilu, khususnya di kalangan pemilih muda.

Dalam deklarasi malam ini, Laskar Santri AMIN mengklaim akan turut hadir di semua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di seluruh Bondowoso pada Pemilu 2024. Ini untuk memastikan bahwa keseluruhan proses Pemilu berjalan dengan baik.

Hadir dalam deklarasi, KHR. Halil As’ad Syamsul Arifin, KH. Ayyub Syaiful Rijal, KH. Anwar Syafi’i, KH. Asy’ari Fasya, KH. Abd. Qadir Syam, KH. Mohammad Tamim Sufyan Miftahul Arifin, H. Ahmad Dhafir, dan kyai-kyai lainnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button