Kabar DesaKesehatanRagamRiausiak

Puskesmas Kecamatan Kandis Dapat Apresiasi Dari Masyarakat, Begini Respon Kepala Puskesmas

BeritaNasional.ID,SIAK RIAU – Puskesmas Kandis mendapat apresiasi dari masyarakat Kecamatan Kandis terkait pelayanan yang sangat baik selama ini diberikan kepada masyarakat Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak. Minggu(17/09/2023)

Salah satu masyarakat mengatakan bahwa pelayanan yang diberikan para Dokter dan para staff perawat Puskesmas Kandis Sangat Baik dan Prefesional.

“Setiap Ada Masyarakat Yang datang Berobat Selalu kita di Sapah, juga dengan Senyuman dan dilayani dengan ramah dan Baik. Masyarakat dari delapan desa dan tiga kelurahan yang datang berobat ke Puskesmas Kandis, para Dokter dan para Medis yang ada di puskesmas selalu dengan Sigap melayani masyarakat dengan prefesional,” sebut Warga tersebut kepada awak media.

Walau dengan keterbatasan Fasilitas dan peralatan kesehatan yang tersedia di Puskesmas, akan tetapi menurut Ketua DPD Solidaritas Pers Indonesia (SPI) Kabupaten Siak, Dewa Napitulu juga mengatakan pelayanan Puskesmas selalu sebaik mungkin dilakukan secara prefesional.

“Kalau ada yang mengatakan pelayanan puskesmas kurang itu biasa saja, yang kita tahu dan pernah kita Alami kita dilayani dengan senyum, sapah dan ramah, kalau pasien tidak sanggup di obati karena fasilitas dan perlengkapan yang kurang lengkap pihak puskesmas dengan cepat melakukan rujukan,” tambahnya Dewa Napitupulu.

Selaku Kepala Puskesmas Kandis, Dr.Iin Cahyadi di Saat di Konfirmasi oleh Awak Media mengenai perihal Pelayanan Puskesmas Kandis.

“Bahwa kami Para Dokter dan Para Medis yang ada di puskesmas Kandis berusahal selalu melakukan yang terbaik dengan kemampuan yang ada untuk menangani pasien dan sebagai pimpinan tetap kita anjurkan bagi para Medis untuk Senyum,Sapah dan Ramah kepada para pasien yang datang berobat ke Puskesmas Kandis,” ujar Dr. Iin Cahyadi.

Tambahnya, kami bekerja dan bertindak dalam memberi pelayanan dan penanganan semua sesuai SOP Puskesmas.

“Bahwa setiap pasien yang datang berobat terutama di UGD selalu dilakukan upaya pertolongan terlebih dahulu oleh dokter dan tenaga medis di UGD Puskesmas, diperiksa dan diberikan obat-obat untuk pertolongan pertama dulu, kemudian pasien di observasi / dilakukan pengamatan untuk melihat reaksi pengobatan yang diberikan,” sambungnya.

Untuk penanganan lebih lanjut karena keterbatasan obat dan peralatan di puskesmas, maka pasien akan di rujuk dengan mengikuti protap dan prosedur yang sudah di tentukan oleh semua Rumah Sakit Rujukan. Dimana ketentuannya setiap pasien yang akan di rujuk dari Puskesmas, Puskesmas wajib menelpon pihak Rumah Sakit tempat rujukan untuk mengkonfirmasi apakah pasien bisa diterima atau tidak di Rumah Sakit tersebut menyangkut hal ruangan perawatan yang sesuai dengan kondisi pasien tersedia atau tidaknya.

“Terkadang hal ini menjadi dilema bagi puskesmas yang akan merujuk karena hal-hal seperti ini bisa memakan waktu lama, karena tidak semua pihak Rumah Sakit akan menerima pasien yang dirujuk dari Puskesmas jika tidak menerima konfirmasi dulu sebelumnya,” sambungnya.

Jadi diminta masyarakat Kecamatan Kandis memahami dan memaklumi prosedur rujukan yang harus di di lalui tersebut. Jangan menganggap bahwa tenaga medis melalaikan atau menelantarkan pasien.

Jadi kalau ada sebagian masyarakat mengatakan pelayanan Puskesmas Kandis kurang itu hal yang wajar menurut Kepala Puskesmas, karena tenaga kesehatan juga Manusia masih ada Keterbatasan, tapi kami pihak Puskesmas Kandis sudah bekerja sesuai prosedur dan berharap masyarakat dapat memahami kekurangan dan keterbatasan pihak Puskesmas.

“Semoga kedepannya kita tingkatkan pelayanan dan penanganan kesehatan yang lebih, dan kita juga berharap pada masyarakat Kandis bersama sama Mendukung Puskesmas Kandis ini,” tutup Dr. Iin Cahyadi.(AL/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button