ACEH

Putus Fiber Optik Dua Hari Jantho Tak Berinternet

Beritanasional.Id, Kota Jantho – Sejak Jelang siang Sabtu kemarin hingga Siang Minggu hari ini wilayah Kota Jantho mengalami gangguan jaringan internet. Sejumlah warung kopi yang berwifi sepi dan sejumlah aktivitas masyarakat yang berhubungan dengan teknologi ini terpaksa istirahat.

Banyak pelanggan khususnya yang berjaringan Telkomsel tidak dapat beraktivitas apapun, mulai dari koneksi internet bahkan telpon pun tidak dapat diakses. Sigyal hilang total.

Ternyata gangguan tersebut diakibatkan oleh putusnya jalur Fiber obtik di kawasan Gampong Data Gase, Kecamatan Seulimum Aceh Besar, akibat terkena kerukan alat berat pada pengerjaan jalan Tol.

Nazir, Tim teknis dari Telkom Aceh, yang ditemui di lokasi perbaikan mengatakan bahwa gangguan jaringan telekomunikasi operator Telkom atau Telkomsel diakibatkan oleh putus kabel Fiber optik. Pihaknya telah mendeteksi dan mencari titik gangguan sejak Sabtu kemarin, namun baru pagi minggu berhasil ditemukan.

“Ini bang sedang kita perbaiki jaringan kabelnya, baru saja kita temukan ni, insyaallah akan segera kembali normal,” kata Nazir.

Lebih lanjut kata Nazir, terlambatnya penanganan gangguan tersebut diakibatkan oleh kurangnya informasi yang diperoleh pihaknya, namun setelah diketahui pasti titiknya pihaknya langsung terjun ke lokasi.

“Memang pekerja di Tol ini mengetahui kerusakan ini, namun mereka tidak ada jalur untuk menghubungi pihak kami, akhirnya kami deteksi melalui sistem, baru memperoleh titik pasti kerusakan, mudah mudahan tidak ada titik lain yang bermasalah,” demikian pungkas Nazir. (Alan).

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close