PolitikRagamSulawesi

PW Ansor dan Bawaslu Sulsel Diskusikan Tantangan Demokrasi di Era Pandemi

BeritaNasional.ID, Makassar –Pimpinan Wilayah GP Ansor Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi menggelar diskusi berbasis virtual aplikasi Zoom, Selasa 16 Juni 2020.

Diskusi daring dengan topik peluang dan tantangan Demokrasi di era Pandemik Covid 19, menghadirkan narasumber Pimpinan Bawaslu RI Mochammad Afifuddin, Ketua KPU Sulsel Faizal Amir serta Presidium Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Sulsel Mardiana Rusli yang dipandu pegiat Demokrasi sekaligus Dewan Instruktur PW GP Ansor Abdul Karim.

Ketua PW GP Ansor Sulsel, Rusdi Idrus dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini digagas sebagai bagian dari komitmen kebangsaan pemuda Ansor dalam mengawal kehidupan Demokrasi di Indonesia sekaligus sebagai ajang silaturahim bersama kader-kader Nahdliyyin yang berkiprah sebagai penyelenggara pemilu.

“Gerakan Pemuda Ansor senantiasa berkomitmen untuk mengawal proses Demokrasi di Indonesia. Untuk itu, melalui diskusi ini masyarakat terkhusus kader Ansor mendapat gambaran terkait tantangan Demokrasi kedepan, apakah semakin meningkat atau menurun? Terlebih pada masa pendemik Covid 19 sekarang ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sulsel Faizal Amir memaparkan salah satu prasyarat Demokrasi dapat terus berkembang yakni melalui penyelenggaraan Pemilihan Umum yang berkualitas dan berintegritas termasuk pelaksanaan Pilkada 2020 yang akan datang.

“Prasyarat Demokrasi adalah dengan melaksanakan Pemilu juga Pilkada. Tantangannya, saat ini sedang diperhadapkan dengan Virus Pandemik, sehingga dalam pelaksanaan proses Demokratisasi tentu sangat berbeda dengan sebelumnya termasuk Pilkada serentak 2020 yang tahapannya dilaksanakan saat penularan Covid 19 masih terus menanjak,” ungkap Wakil Ketua PW GP Ansor Sulsel periode 2013-2017.

“Maka dibutuhkan sinergitas seluruh pihak, dalam mengawal seluruh agenda Demokrasi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Sehingga seluruh prosesnya berjalan dengan baik dan berintegritas namun tidak lalai pada keselamatan kemanusiaan dari kemungkinan terpapar Covid 19,” sambungnya.

Kegiatan ini diikuti Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulsel, Bawaslu Kab/Kota Se-Sulsel, dan Kader Gerakan Pemuda Ansor se-Sulawesi Selatan.(Rul/MY)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close