Daerah

Ramainya Pelabuhan Cappa Ujung Sinjai, Posko Angkutan Laut Disiagakan

BeritaNasional.ID, Sinjai – Untuk memenuhi salah satu kebutuhan pokok masyarakat yang berada di pulau Sembilan, saat libur lebaran tahun 2023 ini, Pelabuhan Cappa Ujung Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara ramai dipadati oleh penumpang.

Penumpang yang Menuju Kota Sinjai, maupun sebaliknya ratusan warga bersiap-siap naik ke kapal penumpang menuju ke Kecamatan Pulau Sembilan. Kamis (20/4/2023)

“Aktivitas warga di Pelabuhan Cappa Ujung ini merupakan aktifitas yang rutin, dimana mereka ini rata-rata ingin pergi ke Pasar Sentral Sinjai untuk berbelanja kebutuhan menjelang lebaran. Hari ini puncaknya karena besok sudah ada yang lebaran di Pulau Kambuno,” Ujar Aiptu Andi Rukman, yang merupakan Kanit 1 Pos Pengamanan lebaran.

Kondisi tersebut terlihat dari ketersediaan Transportasi yang memadai, Sedikitnya ada 4 kapal besar, 1 kapal berukuran kecil serta 8 perahu motor (speedboat) yang mengangkut penumpang.

Kepadatan penumpang di Pelabuhan Cappa Ujung diperkirakan akan terus terjadi, karena sudah tidak ada lagi pembatasan mobilitas warga seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sedangkan untuk kendatangan Kapal Penumpang, Andi Rukman menjelaskan Kapan mulai tiba di Pelabuhan pada Pukul 08.00 wita pagi dan kembali ke Pulau Sembilan setelah salat dhuhur atau paling lambat pukul 14.00 wita semua kapal sudah meninggalkan pelabuhan.

Untuk mengawasi dan memantau aktivitas warga di pelabuhan ini, telah didirikan Pos Koordinasi (Posko) angkutan Laut Lebaran Operasi Ketupat 2023.

Adanya Posko lebaran ini untuk mendukung pelayaran di laut khususnya informasi terkait kondisi cuaca dan juga pelayanan kesehatan.

Andi Rukman menambahkan, kondisi cuaca akhir-akhir ini sangat mendukung untuk pelayaran di laut, namun pihaknya akan tetap berkoordinasi dengan BMKG untuk mendapatkan informasi cuaca terkini.

“Jadi kami memberi informasi terkait kondisi cuaca, mengimbau kepada pemilik kapal untuk mengutamakan keselamatan penumpang dan juga ada pelayanan kesehatan dari Puskesmas Balangnipa,” Ungkapnya

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button