Daerah

Refleksi Sejarah, Ipelmabar Gelar Lomba Foto Hari Pahlawan

BeritaNasional.ID, BANDA ACEH – Sebagai upaya refleksi Hari Pahlawan ke-75 tahun yang akan berlangsung pada 10 November 2020, Bidang Pendidikan Riset dan Teknologi (Ristek) yang bekerjasama dengan Bidang Kesenian dan Pariwisata Ikatan Pelajar Mahasiswa Aceh Barat (IPELMABAR) Banda Aceh mengadakan Lomba Hari Pahlawan bertema “Pahlawanku Sepanjang Masa”.

Bidang Pendidikan Ristek melalui Hidayati Rahmah selaku Sekretaris Bidang mengatakan bahwa lomba yang diadakan oleh IPELMABAR merupakan upaya membentuk semangat pembelajaran sejarah dan juga meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap pahlawan di Indonesia yang telah gugur dan kemudian direfleksikan melalui karya.

“IPELMABAR melakukan perlombaan ini sebagai upaya pembentukan semangat pembelajaran sejarah dan juga meningkatkan kepedulian masyarakat khususnya generasi muda terhadap pahlawan di Indonesia yang telah gugur dan kemudian kita refleksikan melalui karya digital berupa foto tempat-tempat sejarah”, ujar Hidayati Rahmah yang kini sedang menempuh studi sebagai mahasiswi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Sabtu (31/10/2020).

Selanjutnya, Ketua Bidang (Kabid) Kesenian dan Pariwisata IPELMABAR Angga Zulvian juga menyampaikan bahwa kolaborasi kegiatan yang dilakukan ini merupakan hal yang sangat menarik, dikarenakan selain demi meningkatkan pembelajaran generasi muda terhadap sejarah kepahlawanan juga meningkatkan kreatifitas untuk semangat berkarya serta menarik masyarakat untuk mengunjungi tempat-tempat wisata sejarah.

“kolaborasi yang dilakukan ini merupakan hal yang sangat menarik, karena kita juga selain demi meningkatkan pembelajaran generasi muda terhadap sejarah kepahlawanan masa lampau, juga bisa meningkatkan kreatifitas untuk semangat berkarya serta menarik masyarakat untuk mengunjungi tempat-tempat wisata sejarah karen ingin mengikuti lomba ini”, ujar Angga Zulvian yang diketahui juga sedang menempuh studi di Universitas Syiah Kuala.

Adapun persyaratan Lomba Hari Pahlawan ini adalah harus mengupload foto di tempat sejarah serta berhubungan dengan tema yang diusung dan juga jangan lupa sertakan caption menarik. Kemudian, IPELMABAR mewajibkan untuk mengikuti akun Instagram @ipelmabar_bandaaceh dan juga mengikuti akun Instagram @kampusacehofficial selaku sponsor kegiatan. Karya yang diperlombakan merupakan milik pribadi dan belum pernah diperlombakan sebelumnya. Info lebih lanjut peserta bisa menghubungi nomor ponsel yang tertera yaitu 082360554576 (Bella Attaqy) dan 085270515626 (Angga Zulvian).

“Hanya wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar yang bisa mengikuti lomba ini, dikarenakan kita menyediakan hadiah berupa voucher belanja senilai ratusan ribu rupiah yang hanya berlaku di kawasan perlombaan saja. Batas mengupload karya adalah tanggal 08 November 2020 dan pengumuman pemenang adalah tanggal 10 November 2020 di akun Instagram IPELMABAR,” tutup Angga Zulvian. (red) 

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close