DaerahJawa TimurKadesRagamWisata

Rencana, Jembatan Gantung Gentong Bondowoso Dijadikan Destinasi Wisata

BeritaNasional.id-BONDOWOSO JAWA TIMUR, Dengan diresmikannya jembatan gantung Gentong oleh Bupati Bondowoso Drs. KH. Salwa Arifin, membuat aktivitas warga setempat semakin lancar, Selasa (21/2/2023).

Sebelum dibangun Jembatan Gantung, warga yang akan berbelanja ke Pasar Wonosari harus menempuh jarak sekitar 12 kilo meter. Namun, setelah Jembatan Gantung diresmikan dan dioperasikan, masyarakat yang akan ke Pasar Wonosari hanya menempuh jarak kurang lebih 2 kilometer saja.

Disamping berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi dan transportasi, Jembatan Gantung Gentong ini juga sangat berpotensi dijadikan destinasi wisata di wilayah Kecamatan Taman Krocok. “Dari sisi wisata, warga yang berada di atas Jembatan Gantung dapat melihat hamparan hijau hektaran sawah milik warga. Dan dari ketinggian ini pula, masyarakat bisa melihat aliran sungai yang memanjang dan berkelok-kelok,” ujar Kepala Desa Gentong, Misyono.

Lebih lanjut, Kepala Desa Gentong, Misyono mengatakan, pihaknya telah mengusulkan jembatan gantung tersebut pada Kementrian terkait sejak tahun 2018. Dan baru bisa rasakan manfaat hasil pembangunannya tahun 2023 ini. “Banyak kendala yang kami hadapi, sehingga baru terealisasi tahun 2023. Jembatan Gantung Gentong baru diresmikan oleh Bupati pada tahun 2023 ini. Banyak sekali manfaat jembatan ini,” jelas Misyono.

Salah satu manfaat jembatan ini, lanjut Misyono, bisa memperpendek jarak tempuh jika ingin berbelanja, baik yang mau berbelanjan ke Desa/Kecamatan Wonosari mapun ke Desa Kalitapen Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso. “Pemerintah Desa akan merencanakan Jembatan Gantung Gentong akan dijadikan Destinasi Wisata. View pemandangan alam yang masih asri yang akan dijual pada penikmat alam,” tuturnya.

Jembatan Gantung Desa Gentong ini, sambung Misyono, merupakan Sumber Daya Alam (SDA) yang menarik untuk dijadikan tempat wisata. “Kalau rencana pembangunan destinasi wisata ini terwujud, maka bisa menciptakan lapangan kerja,” pungkasnya.

Pewarta           :Samsul Arifin

Publisher         :Heru Hartanto

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button