Jawa TimurProbolinggo

Ribuan Warga Kota Probolinggo Antusias Semarakkan Pesta Seni “PESSE JATI”

BeritaNasional.ID, PROBOLINGGO JATIM – Berbagai atraksi seni kembali mewarnai Pesta Seni (PESSE) Jati, Sabtu (10/8). Event tahunan persembahan Kelurahan Jati ini merupakan kali kedua yang ditunggu masyarakat. Tak ayal, ribuan penonton memenuhi Lapangan RW 02 untuk menyaksikan aneka pertunjukan seni dari berbagai RW se-Kelurahan Jati.

Mulai sore hari, warga sudah mulai berdatangan untuk berbelanja aneka makanan dan minuman, jajanan kuliner, batik, maupun hasil kerajinan tangan UKM setempat.

Penjabat Wali Kota Nurkholis yang hadir membuka acara mengapresiasi panitia penyelenggara. Seperti Pokmas Guyub Sejati yang berkolaborasi dengan pihak kelurahan dan stakeholder, guna mendukung acara Pesse Jati tersebut.

“Terima kasih sudah memberikan pertunjukan hasil karya dan kreatifitas warga. Sekaligus menggerakkan perekonomian melalui pemberdayaan UKM dan PKL setempat. Luar biasa event sekelas kelurahan bisa semeriah ini, animo masyarakat yang menyaksikan juga tinggi,” ujarnya.

Ia berharap event semacam ini bisa berkelanjutan dan lebih baik ke depannya. Menurutnya, potensi pegiat seni perlu diwadahi, sehingga bisa terus berkreasi melahirkan ide kreatif baru.

“Semua berperan untuk bisa memajukan lingkungannya sesuai potensi yang dimiliki. Salah satunya parade prestasi yang dimiliki Kelurahan Jati menjadi bukti, warganya kompak dan guyub. Terbaru juga diraihnya penghargaan Proklim di RW 02 Kelurahan Jati,” imbuhnya.

Sementara itu Lurah Jati Dedy Ristantama menguraikan jika semua tampilan merupakan karya cipta masing-masing RW di wilayahnya. “Semua kita fasilitasi mulai kalangan anak-anak, remaja bahkan Ketua RT dan Ketua RW diminta tampil diatas panggung ikut menyemarakkan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu berbagai atraksi seni seperti tarian grebek alus, samroh, musik dug-dug modern Cokro Budoyo yang membawakan lagu ciptaannya “Kali Banger”. Kemudian Amyno entertainment kolaborasi dengan Ayin Confidance tampil memukau dengan lagu Probolinggo Ning Ati,.

Tak ketinggalan ibu-ibu LKK juga menunjukkan atraksinya dengan medley lagu nusantara menggunakan kostum gemerlap Nusantara warna-warni. Hal ini sejalan dengan tema yang diusung, “Bersatu Padu dengan Budaya Nusantara”.

Semakin malam suasana semakin semarak dengan tampilnya Bintang Tamu, Doyan Wadon. Mereka membawakan lagu rancak nuansa jawa yang merupakan lagu populer di medsos. Semua kegiatan terlaksana dengan lancar dan aman hingga berakhirnya penampilan mereka.

Salah satu warga, Yanti (45) yang menyaksikan hiburan itu merasa senang, pasalnya bukan hanya menikmati jajanan murah yang enak sekaligus ada mobil pelayanan untuk pembayaran PBB. “Semoga tahun depan bisa lebih semarak dan Bintang tamunya yang viral di medsos,” ujarnya yang datang nonton bersama anaknya itu.

 

(Yuli/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button