ACEHPolitik

Rusli : Coklit untuk Validitas Data Pemilu 2024 di Aceh Tamiang Capai 79 Persen

ACEH TAMIANG – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang menyebutkan realisasi pencocokan dan penelitian (Coklit) untuk validitas data pemilih pemilu 2024 sudah menvapai 79,66 persen dari total pemilih 211.638 orang.

” Hingga saat ini Coklit untuk validitas data pemilih untuk Pemilu 2024 sudah mencapai 79,66 persen dari total pemilih 211.638 orang,” sebut Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KIP Kabupaten Aceh Tamiang, Rusli kepada BERNAS NETWORK, Minggu (5/3/2023) di Karang Baru.

Rusli menjelaskan Coklit dilaksanakan secara serentak sejak tanggal 12 Februari dan akan berakhir pada tanggal 14 Maret 2023 oleh Petugas Pemutakhiran dan Data Pemilih (Pantarlih) di 912 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 216 kampung se-Aceh Tamiang hingga saat ini berjalan lancar.

“Kendala berat tidak ada paling kendala tidak ada orang di rumah, susah dijumpai oleh Pantarlih, namun semua telah teratasi bahkan ada Pantarlih yang mendatangi ke kebun warga untuk mencoklik data,” katanya.

Namun kata Rusli, kendala yang saat ini dihadapi oleh Pantralih adalah dengan kendala sistem aplikasi e-coklit yang tidak berfungsi secara normal.

“Sistem e-coklit tidak berfungsi maksimal sehingga belum selesai terinput ke sistem di web e-coklit, ” sebutnya.

Menurut Rusli adapun rekapitulasi hasil pemetaan pemilih dan TPS berdasarkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) yang telah dikonsolidasikan, diverifikasi, dan divalidasi oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dalam negeri yang digunakan sebagai bahan penyusunan daftar Pemilih untuk Pemilihan.

“Total pemilih di Aceh Tamiang sebanyak 211.638 dan jumlah masyarakat yang sudah melakukan coklit yaitu 168.968 orang,” jelasnya mengakhiri.[]

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button