AsahanDaerah

Salurkan Infaq Masyarakat, Baznas Asahan Lakukan Khitanan Massal

BeritaNasional.ID, Kisaran – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Asahan menyelenggarakan kegiatan sosial khitanan massal yang bersumber dari infaq masyarakat khususnya yang beragama islam.

Kegiatan khitanan massal yang diikuti oleh sebanyak 50 orang anak dari keluarga kurang mampu itu dilaksanakan di kantor Baznas Kabupaten Asahan di jalan Turi Kisaran, Rabu (07/06/2021).

Ketua Baznas Kabupaten Asahan Ir. H. Ansa’ari Margolang dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan khitanan massal yang dilaksanakan ini adalah merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahun sejak 2019 yang lalu. Adapun sumber dana pelaksanaan kegiatan khitanan massal ini berasal dari infaq umat Islam yang dikelola oleh Baznas Kabupaten Asahan.

Dikatakannya, program ini diharapkan dapat membantu Pemerintah Kabupaten Asahan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan. Pada tahun 2021 ini Baznas Asahan menargetkan sebanyak 100 orang anak dari keluarga kurang mampu dapat mengikuti khitanan massal yang dilakukan dalam 2 tahap.

Pertama pada hari ini kita lakukan khitanan massal untuk sebanyak 50 orang anak yang berasal dari keluarga kurang mampu khususnya yang berada di wilayah Kecamatan Kota Kisaran Barat dan Kota Kisaran Timur. Sedangkan sisanya 50 orang lagi rencananya akan dilaksanakan di luar Kota Kisaran di tahun ini juga. Selain dikhitan, anak – anak yang menjadi peserta juga diberi uang penali kasih sebesar 150 ribu dan kain sarung, ujar Ansa’ari menjelaskan.

Sementara Bupati H. Surya BSc diwakili Kabag Kesra Setdakab Asahan Ali Mughofar dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberadaan Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) sebagai lembaga pemerintah non struktural merupakan instrumen untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat dan infaq yang dikeluarkan masyarakat khususnya umat Islam.

Ali Mughofar juga menegaskan selain mengelola zakat dan infaq, Baznas berfungsi meningkatkan manfaat zakat dan infaq dimaksud untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dalam penanggulangan kemiskinan khususnya di Kabupaten Asahan.

Kami berharap Baznas dapat lebih meningkatkan lagi kinerjanya terutama dalam membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di Kabupaten Asahan sehingga keberadaannya dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat, ujar Ali menyampaikan sambutan tertulis Bupati Asahan.

Bupati berharap anak – anak yang menjadi peserta dalam khitanan massal ini dapat menjadi anak yang soleh dan kelak menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya serta kepada bangsa dan negaranya, tandas Ali Mughofar.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button