Jawa TimurRagamReligiSitubondo

Sambut Maulid Nabi,Yayasan Al-Falah II Jangkar Adakan Pawai Budaya Bertema Religi

SITUBONDO, BeritaNasional.id – Tradisi unik menyambut Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1445 hijriah, di Desa Sopet Kecamatan Jangkar Kabupaten Situbondo Jawa Timur.
Karnaval Religi (Pawai Budaya) tersebut merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh Yayasan Al-Falah II yang terletak di Desa Sopet. Sabtu (9/9/2023).

Dalam karnaval tersebut dipertunjukkan parade kreativitas masyarakat setempat. Diantaranya pencak silat marching band, Baju adat nusantara dan kuda kencak yang menambah kemeriahan karnaval.

Lebih dari 1000 orang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dari anak kecil sampai orang dewasa berbaur jadi satu meramaikan Karnaval Maulid yang diarak di jalan desa setempat.

Pengasuh Yayasan Ponpes Al-Falah II sekaligus panitia pelaksana Habib Jakfar Shodiq al Jufri mengatakan kegiatan ini rutin dilaksanakan hampir tiap tahun. Kegiatan tahun ini sudah yang ketiga kalinya.

“Alhamdulillah kegiatan karnaval religi/pawai budaya tahun ini berjalan lancar dan ini merupakan agenda tahunan dalam memperingati lahirnya Nabi Muhammad SAW, dan ini yang ke tiga kalinya,” kata Habib Jakfar Shodiq al Jufri

Ia juga mengatakan, karnaval religi adalah salah satu kegiatan yang ditunggu – tunggu oleh santri, wali murid dan masyarakat di sekitar yayasan Al-Falah II dalam rangka mengenang dan menghormati lahirnya Nabi Muhammad SAW.

“Nanti malam sebagai puncak acara kita gelar juga pengajian. Warga di sini sangat antusias dengan kegiatan ini, dan ini sebagai bentuk ajang silaturahmi antar warga, bahu membahu mengumpulkan sumbangan untuk terselenggaranya kegiatan ini,” tukasnya.

Setibanya di Yayasan Pondok Pesantren Al-Falah seluruh peserta beserta masyarakat berebut gunungan hasil tani dan hasil perdagangan masyarakat. Mereka meyakini gunungngan tersebut akan membawa berkah dan mendapatkan hasil pertanian yang melimpah.

“Rangkaian acara nanti akan ditutup dengan do’a bersama untuk negeri, apalagi ini menjelang pemilu sehingga kita semua berharap negeri kita tetap damai rukun, ” pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut, pengasuh Ponpes Al-Falah KH. Hamim Sahroni, Habib Abdullah, dan H Imam Hidayat selaku rokoh maayarakat.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button