DaerahReligiSumateraSUMUT

Sambut MTQ ke-XV, DPRD Batubara Akan Buat Perda Program Maghrib Mengaji 

BeritaNasional.ID Batubara, Sumut – Bupati Ir. Zahir, M. Ap resmi membuka MTQ Ke-XV tahun 2022 tingkat Kabupaten Batubara di Aula Rumah Dinas Bupati, Komplek Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Rabu (02/03/2022).

Pembukaan MTQ diawali dengan pelantikan Dewan Pengawas dan Dewan Hakim yang akan digelar selama 4 hari, mulai 2-5 Maret 2022.

Kali ini, dengan mengangkat tema ‘Wujudkan Generasi Qur’ani Yang Cerdas dan Berakhlakul Karimah Menuju Masyarakat Industri Yang Sejahtera, Mandiri, Religi, dan Berbudaya. Dengan mewujudkan penghayatan dan pengamalan Al-Qur’an di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Batubara.

Ketua DPRD Kabupaten Batubara M. Safi’i, SH dalam sambutannya menyalatkan bahwa, anak-anak generasi penerus kedepannya, tidak hanya bisa teknologi, tetapi juga perlu pandai ilmu agama.

Untuk itu, DPRD Kabupaten Batubara siap mendukung program mengaji sore dengan membuat Peraturan Daerah.

Dengan harapan, program mengaji magrib ini dapat menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap Al-Qur’an.

“MTQ bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan dan menggairahkan masyarakat untuk mempelajari dan memahami Al-Qur’an. Karena Al-Qur’an mempunyai banyak isi kandungan sebagai petunjuk dan pedoman hidup,” sebut M. Safi’i.

Saat ini anak-anak yang mengaji di rumah maupun di tempat ibadah sudah berkurang. Untuk itu Bupati Zahir mengharapkan di Kabupaten Batubara, akan menggalakkan kembali magrib mengaji dengan didampingi oleh guru-guru ngaji yang pelafadzan tajwidnya baik dan benar.

Selain itu, Bupati Zahir juga memberikan dukungan moral berupaan anggaran kepada peserta MTQ. Dengan harapan kafilah asal Kabupaten Batubara meraih juara untuk Provinsi maupun tingkat Nasional.

“Saya berharap terus bisa menyiapkan Qori-Qoriah baru dan hafizd-hafidzoh yang ada di Kabupaten Batubara. Agar tahun depan pemenangnya tidak hanya itu-itu saja. Tujuannya untuk meregenerasi peserta. Harapannya kafilah Kabupaten Batubara meraih juara untuk Provinsi maupun tingkat Nasional,” sebut Zahir.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana MTQ Rusian Heri menyatakan, bahwa kegiatan tersebut didukung penuh oleh Pemerintah Kabupaten Batubara.

“Pemkab Batubara melalui Pak Zahir mendukung penuh pelaksanaan MTQ ini. Karena ini program kerja Pemerintah yang bertujuan agar seluruh masyarakat Kabupaten Batubara gemar dan memahami makna kandungan Al-Qur’an,” ungkapnya.

Disebutkan, bahwa kegiatan MTQ ini merupakan program kerja rutin untuk meningkatkan kualitas spiritual masyarakat Kabupaten Batubara.

Selain mencetak generasi yang cinta dan paham isi Al-Qur’an, juga untuk menuju masyarakat industri yang sejahtera, mandiri, religi, dan berbudaya. (FTR-BB/01)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button