Eks Keresidenan Madiun

Sambut Usia Emas, Prodia Gelar Seminar Nasional di 50 Kota

BertitaNasional.ID, Madiun, Jatim – Memasuki usia 50 Tahun, PT Prodia Widyahusada Tbk menggelar serangkaian kegiatan sepanjang tahun 2023. Dengan mengusung tema “Personal and Precise PartnerforYourHealth”, seluruh rangkaian kegiatan ditujukan untuk menonjolkan eksistensi Prodia sebagai mitra kesehatan terpercaya masyarakat agar terus sehat dan dapat melangkah lebih jauh bersama Prodia.

Prodia telah membuktikan eksistensinya sebagai pelopor layanan kesehatan dengan jejaring layanan terluas dan terbesar di Indonesia. Hingga saat ini, Prodia telah memiliki 276 cabang yang tersebar di 75 kota dan 79 kabupaten di seluruh Indonesia. Mewujudkan visi sebagai centre of excellence, Prodia berkomitmen untuk mendukung peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia dengan memfasilitasi seminar nasional yang akan diadakan pada 50 kota di Indonesia untuk menghadirkan narasumber sesuai topik tematik yang akan dibahas.

Seminar nasional ini juga menjadi salah satu kesempatan bagi Prodia mengajak pelanggan dan masyarakat umum untuk secara aktif berpartisipasi dalam menjaga kesehatan dan mengenal kondisi tubuh sendiri untuk dapat mengambil keputusan mengenai kesehatan mereka dengan Prodia yang siap mengiringi langkah masyarakat Indonesia untuk #MelangkahLebihJauh dan menjadi PersonalandPrecisePartner.

Madiun menjadi salah satu kota pelaksana seminar nasional Prodia bertema “Navigating Food Sensitivities and Allergy”. Narasumber dalam seminar kali ini adalah dr. Sutowo, SpPD, FINASIM yang banyak menyampaikan masalah etika kedokteran terkait UU Kesehatan. Dalam sesi ilmiah, hadir sebagai pembicara adalah Dr.dr. Agus Joko Susanto, SpPD-KAI, FINASIM, dan apt. Wakhid Rizka Saputra, M.Farm. Bertempat di Aston Hotel and Conference Center, seminar nasional yang turut didukung oleh Roche Diagnostics Indonesia dan Illumina ini mengundang 100 peserta dokter offlinepada tanggal 12 Agustus 2023 dan dimoderatori oleh dr. Arianti, SpPD, FINASIM, Akp.

dr .Agus menjelaskan pentingnya memahami reaksi hipersentifitas yang menjadi awal terjadi alergi dan food intolerance. Dengan cukup banyaknya gejala yang mungkin timbul, menjadi hal yang penting untuk bisa mengidentifikasi reaksi hipersensitifitas ini sejak awal. Saat ini guidelines penanganan alergi makanan pun sudah tersedia. Berbagai macam cara diagnosis terjadinya sensitifitas makanan juga sudah disediakan. Perlu dipahami bahwa ada perbedaan antara alergi makanan, sensitivitas makanan dan intoleransi makanan.

Apt. Wakhid Rizka, M.Kes menjelaskan mengenai teknologi laboratorium di Prodia dalam mendukung  era  Precision and Preventive Medicine di  dunia  kedokteran.  Berbagai  pemeriksaan terkait alergi dan sensitivitas dengan metode yang gold standar sudah disediakan dan dikerjakan sendiri di Indonesia, tidak perlu mengirim sampel ke luar negeri. Adapun beberapa pemeriksaan tersebut antara lain adalah berbagai tes IgE spesifik, IgE Atopy Panel Pediatri, IgE Atopy Panel Indonesia, serta IgG Food Sensitivity. Bahkan sudah disediakan pemeriksaan Immunerisk yang merupakan pemeriksaan genomik untuk mendeteksi risiko penyakit alergi dan autoimun.

Beppy Hamuaty, Regional Marketing Manager Prodia Central Java Region menjelaskan Prodia menyediakan sejumlah pemeriksaan terkait alergi dan sensitivitas yang mudah dilakukan dengan pengambilan darah, yang merupakan gold standar. Acara ini mendapatkan kesan positif dari peserta, hal ini dibuktikan dengan antusias peserta dokter yang memberikan pertanyaan dan diskusi yang berlangsung interaktif.

Dalam sambutannya, Ibu Partini, SKM selaku Branch Manager Prodia Madiun menyampaikan “Seiring dengan komitment Prodia untuk terus mengembangkan diri dalam teknologi ter-update dan terbaik untuk melakukan pemeriksaan laboratorium, Prodia juga mengembangkan layanan digital yang memberi kemudahan akses pesan online menggunakan aplikasi U by Prodia yang bisa diunduh di AppStore dan PlayStore. Tidak hanya itu, layanan Home Service atau Office Service juga disediakan sehingga masyarakat lebih mudah mendapatkan layanan pemeriksaan tanpa perlu datang ke lokasi Prodia”.(*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button