Daerah

Sapi Berbobot 1,2 Ton Jadi ‘Qurban’ Di Polres Banyuwangi

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Moment Idul Adha 1439 Hijiriyah menjadi ajang untuk bersedekah dan bersodaqoh dengan memberikan qurban berupa hewan sapi maupun kambing serta dibagikan kepada yang berhak. Dengan harapan qurban hewan sebagaimana dalam agama islam adalah meneladani jiwa ikhlas demi membela agama Alloh, Nabi Ibrahim diperintahkan untuk menyembelih anak kandungnya yaitu Ismail.

Berkat ketaatan dan kepatuhannya serta keikhlasannya melaksanakan perintah Alloh SWT, saat Nabi Ibrahim benar-benar menyembelih Ismail, maka Alloh menggantikannya dengan seekor kambing/domba. “Jiwa ikhlas dan ketataatan Nabi Ibrahim AS kepada Alloh SWT ini lah yang kita teladani dan kita laksanakan dalam bentuk qurban hewan sapi maupun kambing. Semoga apa yang kita lakukan saat ini dan di masa-masa mendatang akan selalu mendapat ridho dan berbalas pahala dari Alloh SWT,” ungkap Kapolres Banyuwangi, AKBP Donny Adityawarwan SIK MSi saat memberikan sambutannya menjelang pelaksanaan qurban seusai shalat Idul Adha, Rabu (22/8/18).

Sementara Kabag Sumda Kompol H Mustaqim SH MM selaku ketua panitia Idul Qurban melaporkan, hewan yang disembelih dihalaman masjid mapolres sejumlah 14 sapi dan 11 ekor kambing. Rinciannya, 1 ekor sapi disalurkan ke Ponpes Darussalam Blokagung Karangdoro Tegalsari, 1 ekor ke PCNU Banyuwangi dan 1 ekor lagi ke PD Muhammadiyah Banyuwangi.

“3 ekor kambing kita serahkan kepada masyarakat sekitar 3 tower Sitipol Polres Banyuwangi, 1 ekor kambing ke panti asuhan dan 1 ekor lagi ke SDLB Banyuwangi. Yang 11 ekor sapi dan 6 ekor kambing disembelih di mapolres dan dagingnya dibagikan kepada 1000 warga masyarakat yang berhak menerimanya disekitar mapolres, asrama dan wisma masing-masing 2 kilogram,” ujar Kompol Mustaqim.

Data yang didapat media ini, hewan qurban berupa 3 ekor sapi dari Kapolres, 1 ekor dari Wakapolres, Satlantas 3 ekor, Satreskrim 2 ekor, Satresnarkoba 2 ekor dan gabungan polsek jajaran 3 ekor. Sementara hewan qurban kambing 1 ekor dari Kabag Sumda, Satpolair 1 ekor, Sat Sabhara 2 ekor, Sat Intelkam 1 ekor, Sat Binmas 1 ekor, I Ketut Redana Kapolsek Gambiran yang kini dirolling sebagai Kabagren 1 ekor dan letting 44 Bintara 1 ekor.

Pantauan media ini, 1 ekor sapi dari Kapolres Banyuwangi yang disembelih diawal berbobot 1,2 ton. Sedangkan sapi-sapi lainnya rata-rata berbobot 5 kwintal lebih.

“Alhamdulillah, pelaksanaan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban berjalan dengan lancar tanpa ada kendala. Semoga ditahun-tahun mendatang kita bersama jajaran bisa ber qurban lebih banyak lagi atas ridho Alloh SWT,” pungkas Kompol Mustaqim. (red)

Caption : Hewan qurban sapi berbobot 1,2 ton dari Kapolres AKBP Donny Adityawarman jelang disembelih di Mapolres Banyuwangi

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close