Daerah

Sapma Pemuda Pancasila Parepare : RUU HIP Mengkerdilkan Pancasila, Harus Dicabut dari Prolegnas

Beritanasional.id, Parepare – Satuan Pelajar Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila (PP) Kota Parepare, Menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP). (18/06/2020)

SAPMA Pemuda Pancasila Kota Parepare Menyatakan sikap menolak keras RUU HIP yang berpotensi mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang berideologi Pancasila

Saat ditemui, Ketua SAPMA Pemuda Pancasila Kota Parepare, Aji Wicaksono, menganggap bahwa RUU HIP ini sangat bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila, Pancasila adalah dasar negara yang tidak bisa serta merta di rubah”, mengingat pancasila memiliki 5 sila yang saling mengikat.

“Kami Pengurus cabang Sapma PP Kota Parepare sepakat, menolak dan menegaskan untuk tidak meneruskan pembahasan RUU HIP, yang kami anggap tidak tepat untuk menggunakan frasa Ketuhanan Yang Berkebudaan yang disebutkan dalam pada pasal 7 RUU HIP, Ini sudah sangat mencoreng nilai-nilai Pancasila itu sendiri, yang seharusnya tetap Ketuhanan Yang Maha Esa” ujar Aji Wicaksono

Dia pun berharap, RUU HIP dicabut dari Program Legislasi Nasional (Prolegnas) di DPR RI.
“Kami meminta kepada Presiden dan DPR RI untuk menghentikan proses pembahasan RUU ini tanpa harus menunda. Kami Sapma PP Parepare telah menyatakan tekad untuk menolak RUU HIP ini,”

Hal Senada diungkapkan oleh Muh. Yusran Syaro, Wakil Ketua Sapma PP Kota Parepare, mengatakan bahwa Pancasila adalah Idiologi Bangsa, Sumber Hukum dari segala sumber hukum yang diakui Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan sudah sepantasnya melekat pada diri setiap manusia-manusia Indonesia.

Terlebih lagi, Pancasila tidak dapat di lebur menjadi trisila maupun ekasila, ini jelas mengotak atik nilai-nilai lima sila dari Pancasila itu sendiri, dan setelah mencermati RUU HIP yang berpolemik dan sangat tidak berkesesuain dengan nilai-nilai Pancasila, maka jelas RUU HIP harus dihentikan bahkan kita mendorong agar RUU HIP dikeluarkan dari Prolegnas, karena Pancasila sudah Final, ungkapnya.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close