DaerahJawa TimurSitubondo

Satpolairud Polres Situbondo Evakuasi Ikan Paus Sirip yang Terdampar

BeritaNasional.ID-SITUBONDO JATIM – Satpolairud Polres Situbondo mengevakuasi Ikan Paus Sirip yang terdampar di Tepi Pantai Desa Jangkar, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo. Ikan Paus yang masih muda dengan ukuran kurang lebih 2,5 meter ditemukan oleh masyarakat setempat di kira Ikan Lomba-Lomba, Rabu (31/01/2024).

Selanjutnya, salah satu masyarakat menghubungi anggota Satpolairud Polres Situbondo yang bertugas di wilayah Pelabuhan Jangkar. Berbekal informasi tersebut, maka Anggota Satpolairud Polres Situbondo yang dipimpin Kasatpolairud AKP Gede Sukarmadiyasa, SH, MH mendatangi TKP di Tepi Pantai Desa Jangkar.

Kemudian, personil Satpolairud Polres Situbondo dibantu dengan anggota TNI-AL Pos Jangkar dan masyarakat mengikat ikan paus dengan kain dan menariknya ke laut yang lebih dalam agar ikan tersebut terus berenang ke arah tengah. Kemudian ikan paus sirip tersebut terus berenang ketangah sampai tidak kelihatan siripnya lagi.

Menurut Sutono (40) nelayan setempat mengatakan bahwa, ikan bisa terdampar disebabkan oleh pasang surut air laut. “Pasang surut air laut hingga beberapa kilometer, dapat menyebabkan jebakan bagi biota laut. Tanpa disadari biota laut bergerak ke perairan yang lebih dangkal, sehingga sensor yang dimiliki tidak berfungsi, dan hal ini yang menyebabkan ikan kebingungan,” jelasnya.

Sementara itu, Kasatpolairud Polres Situbondo AKP Gede Sukarmadiyasa, SH, MH mengatakan, berkat kerjasama yang kompak antara anggota Satpolairud dan masyarakat serta anggota TNI-AL Pos Jangkar, maka Ikan Paus tersebut dapat dievakuasi atau bisa selamatkan kembali ke habitatnya.

“Berkat kekompakan anggota Satpolairud dan masyarakat serta anggota TNI-AL Pos Jangkar, Ikan Paus yang dilindungi tersebut kembali lagi ke habitatnya,” terang Kasatpolairud Polres Situbondo AKP Gede Sukarmadiyasa. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button