Metro

Sejak Januari Hingga Mei 2022 Kemunculan Hiu Paus Di Botubarani Rata-Rata Hanya 1 Ekor Per Hari

 

BeritaNasional.ID, Bone Bolango – Wisata Hiu Paus di Desa Botubarani Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak di kunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun luar daerah.

Namun berdasarkan pantauan awak media ini kemunculan hiu paus tersebut rata – rata hanya 1 ekor per hari.
Hal ini juga sesuai dengan data pada Kalender Musim Kemunculan Hiu Paus Tahun 2022.

“Sepanjang bulan Januari hingga Mei 2022 ini hiu paus yang muncul rata-rata hanya 1 ekor per hari,” Olis Latif salah satu pengelola wisata hiu paus yang di temui awak media, Minggu (22/05/2022).
Padahal biasanya bulan Mei adalah saat dimana kemunculan hiu paus itu dalam jumlah yang banyak. Selain kurangnya makanan belum di ketahui pasti penyebab berkurangnya kemunculan hiu paus kali ini, ujarnya.

Sebagaimana di ketahui bahwa salah satu makanan hiu paus ini adalah kepala udang atau kepiting danau yang berukuran kecil yang dalam bahasa gorontalo di kenal dengan nama tonggulunga.

Berdasarkan informasi dari Salim Latif yang juga pengelola wisata hiu paus bahwa makanan hiu paus berupa kepala udang ini hanya berasal dari limbah salah satu perusahaan pengolahan udang yang ada di Desa Huangobotu Kecamatan Kabila Bone.

“Iya benar, kami biasanya diberikan sisa hasil pengolahan udang di perusahaan itu berupa kepala udang. Biasanya kami dapat limbah tersebut secara gratis namun itu tidak mencukupi kebutuhan makanan hiu paus karena tidak rutin,”tambahnya.

Kedepan Salim berharap ada upaya lain dari Pemerintah untuk menyediakan makanan hiu paus. Agar kemunculannya bisa bertambah lagi mengingat Hiu Paus yang ada di Desa Botubarani. Dan merupakan satu-satunya wisata Hiu Paus yang ada di Gorontalo. (NOKA)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button