Daerah

Sejarah Baru Sidrap, Dirintis KEBUGIS

BeritaNasional.ID  —  Keluarga Ketua Umum Pengurus Besar Keluarg” a Bugis Sidenreng Rappang (PB Kebugis), makan siang bersama beberapa pengurus teras PB Kebugis mensyukuri ulang tahun ke-60 Bapak Irjen Pol Dr (P) M. Said Saile.

Di sela-sela makan siang. Tercetus empat poin ide yang akan dibawa ke rapat harian dan pleno Pengurus Besar Kebugis.

Pertama, menyusun proposal bisnis, “Dana Ibadah” yang disumbangkan oleh anggota dan warga Kebugis yang dengan jumlah yg tidak ditentukan. Dana tersebut akan dikelola secara profesional oleh sebuah badan usaha yang ditentukan oleh Kebugis. Ide ini sudah dibahas di pertemuan silaturahmi Kebugis, Agustus 2017 di villa Navin, Puncak Bogor.

Kedua, dipandang penting untuk segera menyusun tim film layar lebar tentang tokoh kharismatik Sidrap, Usman Balo, sebuah film romantika drama perjuangan di (Sulawesi Selatan) Sidenreng Rappang. Genre film perjuangan ini mirip kisah Naga Bonar dari Sumatra Utara.

Ketiga, dipandang penting juga membentuk tim kecil untuk penulisan sejarah Sidrap. Draft penulisan pertama sudah ditulis era Bupati Alm. Opu Sidik oleh Bapak Mukhlis PaEni, pakar sejarah Sulawesi Selatan. Draft pertama tersebut perlu ditulis ulang dengan dilengkapi data-data baru dan foto yang harus diperoleh dari arsip nasional RI dan dari KITLV-Leiden di Belanda. Dengan adanya tambahan foto-foto data baru buku tersebut bisa segera dicetak seri hard cover (luks) dan seri biasa. Ini sangat penting untuk cinderamata Pemerintah daerah untuk tamu-tamu yang berkunjung ke Sidrap.

Keempat, Kebugis akan proaktif membantu Bupati terpilih Sidrap, Ir. Dollah Mando untuk wujudkan swasembada pangan.

Ide-ide besar ini segera bisa dirapatkan utk diambil langkah-langkah konkritnya termasuk membuatkan jadwal dan pembiayaannya.

Hadir di jamuan makan siang kemarin: Mashur bin Mohd Alias, bendahara umum Kebugis, Mukhlis PaEni, sejarawan asal Sidrap, M. Saleh Mude, Imran BAK, Tamrin Barubu, Salam Dalle, M. Akbar Ali, dll.(ida Safrida fabanyo/@li)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close