Daerah

Selama 3 Tahun Jalan Tani di Sinjai Capai 30.8 KM, Bupati Asa: Peningkatan Kesejahteraan Petani

BeritaNasional.ID, Sinjai – Selain Infrastruktur jalan raya, jalan usaha tani ternyata tak luput dari perhatian Pemerintah Kabupaten Sinjai. Dalam hal ini, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA), menjadikan pembangunan jalan tani sebagai salah satu program unggulan yang dituangkan dalam visi misinya.

Di masa kepemimpinan Bupati ASA, Data yang tercatat di 3 tahun terakhir, pembangunan jalan tani berhasil dituntaskan.

Di tahun 2019, tercatat sepanjang 15,5 Km. Kemudian tahun 2020 sepanjang 5 Km. Lalu, tahun 2021 yakni 10,3 Km. Jika di uraikan mulai tahun 2019 hingga 2021 ini, total panjang jalan tani yang telah dibangun adalah 30,8 Km.

ASA optimis program pembangunan jalan tani yang dijalankan bersama jajarannya akan berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan petani. Dan pembangunan jalan tani akan diprogramkan tahun depan.

Menurutnya, dengan adanya Jalan Tani, dapat memberikan dorongan kepada para petani untuk lebih meningkatkan kesejahteraannya.

“Kita terus mendorong para petani agar bisa memenuhi kebutuhannya dengan menghadirkan infrastruktur seperti sarana jalan tani ini,”SeruNya, jumat, (01/10/2021)

Tentunya, jalan tani ini berperan vital untuk menunjang perekonomian masyarakat, meringankan akses mobilisasi alat mesin pertanian (Alsintan) ke sawah.

“Tentu berbeda jika petani menggunakan alsintan dibandingkan secara manual, ini akan berpengaruh terhadap produksi pertanian yang dihasilkan,” Imbuhnya.

Disamping itu pula, yang paling pokok adalah mempermudah pengangkutan hasil pertanian untuk dipasarkan.

“Banyak petani tidak menjual hasil pertaniannya karena tidak bisa mengangkut dari sawah atau kebun ke rumahnya, mereka tidak bisa jual. Kalau jalan sudah bagus, maka bisa saja pembeli datang langsung ke sawah,” jelasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button