Jawa TimurProbolinggo

Siap Amankan Pilkada Serentak 2024, Polres Probolinggo Kota Gelar Simulasi Peragaan Sispamkota

BeritaNasional.ID, PROBOLINGGO JATIM- Ratusan orang memadati jalanan depan Kantor Wali Kota Probolinggo, Jumat Sore (2/8/24). Mereka terlibat aksi demonstrasi. Tak hanya berteriak, aksi tersebut juga menimbulkan kericuhan.

Aparat keamanan dari Kepolisian pun turun tangan menertibkan demo tersebut dengan segala cara, mulai dari membuat barisan blockade dan menyiram air kepada para demonstran.

Aksi-aksi tersebut merupakan bagian dari Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka sistem pengamanan Kota Probolinggo guna antisipasi gangguan kantibnas menjelang pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024 di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota

Simulasi pengamanan Pemilu 2024 diawali dengan apel gelar, setelah apel simulasi pengamanan digelar, yang diawali dari tahapan pengamanan kampanye, hingga tahapan pengamanan perhitungan suara.

Namun saat tahapan perhitungan suara berlangsung salah satu pendukung pasangan calon yang kecewa menggelar aksi demo di kantor KPU.

Namun saat diperingatkan oleh petugas, massa semakin beringas, bahkan sampai membakar mobil. Kemudian petugas Dalmas Polres Probolinggo Kota membubarkan aksi dengan menyemprotkan air dengan water cannon dan menangkap provokator aksi demo.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Oki Ahadian Purnomo mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan melatih persiapan dari seluruh masyarakat maupun seluruh personil Polres Probolinggo Kota dan penyelenggara Pilkada serentak 2024 yang berada di wilayah Probolinggo Kota

“Kami menerjunkan anggota real itu sekitar kurang lebih 300 sudah siap, kami akan lawan seperti rekan- rekan yang tadi, kita serius, ini kita perhatikan, agar kita siap dalam mengamankan wilayah Probolinggo Kota.

“Kalau Probolinggo itu ada tiga, tiga kategori, jadi dibedakan, yaitu ada sangat rawan, ada rawan, ada kurang rawan kalau di probolinggo Kota sendiri masuk kategori ke tiga yaitu kurang rawan namun saya tidak mau underestimate saya tidak mau kecolongan,” tegas Kapolres

Kapolres menambahkan, saya beserta jajaran dan penyelenggara pilkada serentak 2024 di wilayah probolinggo Kota siap amankan wilayah Probolinggo Kota dalam penyelenggaraan Pilkada sekarang 2024,” tambahnya

 

(Yuliono/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button