DaerahRagam

Siasati Kelangkaan Pupuk, Wabup Situbondo Fasilitasi Peternak sapi Pelatihan Produksi Pupuk Organik

BeritaNasional.ID,Situbondo – Menyiasati langkanya pupuk bersubsidi pemerintah, Wakil Bupati Situbondo ir.H.Yoyok Mulyadi.MSi memfasilitasi pelatihan pembuatan pupuk organik untuk kelompok ternak sapi di kecamatan Mangaran Situbondo. Minggu (26/4/2020).

‘Kami mencoba pelatihan produksi pupuk cair organik sebagai upaya pemberdayaan peternak sapi untuk mendapatkan penghasilan tambahan ditengah situasi penyebaran virus covid-19, sehingga memperoleh tambahan manfaat dari usahanya. Meski masih berskala kecil, kita upayakan setiap kelompok ternak sudah memproduksi pupuk organik itu setiap hari,”Terang Wakil Bupati H.Yoyok Mulyadi.

Untuk memaksimalkan pelatihan terhadap kelompok ternak, Wakil Bupati yang gemar mengajak warga Situbondo bersholawat itu, sengaja mendatangkan mentor dari kalangan milenial situbondo yang sudah mempunyai pengalaman di bidang peternakan.

“Sekarang Pemuda atau generasi milenial Situbondo sudah banyak lulusan dari berbagi jurusan, dengan keahlian mereka kita gandeng agar memajukan Situbondo dari berbagai sektor,” Tutur Wabup.

Dimas firmansyah (22) pemuda kreatif situbondo yang diminta melatih para peternak mengatakan produksi pupuk organik cair yang dihasilkan oleh kelompok ternak itu nantinya bisa digunakan dan dipasarkan oleh dan untuk mereka sendiri.

“Pupuk organik yang dibuat dari kotoran sapi yang dicampur dengan sejumlah bahan tambahan itu sangat manjur untuk menyuburkan semua jenis tanaman, dengan pupuk organik tanah kesuburan tanah juga semakin baik ledepannya beda dengan menggunakan pupuk dengan bahan kimia, selain itu bisa juga dimanfaatkan bio Gasnya untuk kebutuhan rumah tangga,” Kata pemuda mantan Kakang Embug Situbondo.

Ali Adnan (64) Ketua kelompok ternak didusun Paser desa tanjung Kamal Kecamatan Mangaran Situbondo, mengaku sangat tertarik dengan pemanfaatan kotoran ternak sapi.

“Semoga kami berhasil memproduksi pupuk cair organik, sehingga peternak tidak hanya mendapatkan penghasilan dari hasil beternak, tetapi juga ada income tambahan dari pupuk organik nantinya, tentunya kami berterima kasih dengan kepedulian bapak wakil Bupati terutama disaat situasi serba susah karena penyebaran virus ini,” Ucap Adnan yang dengan sangat antusias mempelajari pelatihan pembuatan pupuk cair organik.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close