BondowosoDaerahJawa TimurPendidikan

Spektakuler, 9 Pelajar Bondowoso Lolos KMSI Tingkat Nasional

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Sebanyak 9 pelajar SD/MI SMP/MTs Negeri/Swasta berhalis lolos Kompetisi Matematika Sains dan Bahasa Inggris (KMSI) 2023 tingkat Nasional.

Mereka adalah Bryan Faith Hadiwibowo – Medali Emas Matematika Level 1 (SD Kristen Petra Bondowoso), Mohammad Erfil Ulum Andriansyah – Medali Emas – Matematika Level 2 (UPTD SPF SDN Kemuningan 2 Kec. Tamankrocok).

Yasmin Maccha Adam – Medali Emas Sains Level 4 (MTSN 2 Bondowoso), Muhammad Rafa Satria Pratama – Medali Emas Bahasa Inggris Level 4 (UPTD SPF SMPN 1 Bondowoso).

Danish Ifat Rafif Gustatama – Medali Perak Matematika Level 2 (UPTD SPF SDN Kotakulon 1 Bondowoso), Michelle Allene Liady – Medali Perak Level 2 (SD Kristen Petra Bondowoso).

Adam Zakariyah – Medali Perak Sains Level 2 (UPTD SPF SDN Bandilan 1 Kecamatan Prajekan), Zoha Khan – Medali Perunggu Matematika Level 2 (UPTD SPF SDN Kotakulon 1 Bondowoso) dan Raphaella Adie Renata – Medali Perunggu Sains Level 3 (UPTD SPF SDN Kotakulon 1 Bondowoso).

Kesembilan siswa tersebut berhak mewakili Kabupaten Bondowoso dalam KMSI tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Malang bulan Desember nanti.

Koordinator Rayon KMSI Bondowoso, Dwi Restu Wahyudi, S.Pd., M.M.Pd., mengatakan, pihaknya tidak menyangka terdapat beberapa siswa yang berhasil mendapatkan medali.

“Alhamdulillah, ini semua berkat doa dan juga usaha dari semua peserta juga walimurid. Karena yang jelas dari beberapa siswa yang berkompetisi tidak menduga mendapatkan medali tersebut,” ungkap Dwi, sapaannya, Senin (13/11/2023).

Meskipun soal yang diujikan tidak sesulit olimpiade yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan (Disdik), namun ada beberapa passing grade yang harus yang harus dipenuhi.

Kepala Sekolah (KS) SDN Mangli itu menambahkan, pihaknya belum puas atas prestasi yang telah diraih siswa Bondowoso. “Kalau dibilang puas ya belum, karena memang dari 58 siswa yang kami kirim presentase siswa yang mendapatkan medali masih rendah,” jelasnya.

Meskipun terdapat dua siswa yang berhasil mendapatkan medali tertinggi (emas) dalam dua kompetisi berbeda, namun secara keseluruhan siswa Bondowoso masih terbilang kurang memuaskan.

“Kami merasa siswa perlu diberikan pembinaan lebih sehingga untuk even yang akan datang lebih banyak lagi siswa yang berprestasi,” tukasnya. Pihaknya juga berkomitmen untuk lebih memacu siswa lagi agar semakin giat belajar dan lebih sering mencoba.

“Trial and error sangat membantu untuk membentuk mental siswa agar lebih tenang ketika menghadapi tekanan,” urai Dwi. Menurutnya, kesiapan mental merupakan salah satu kunci dari hasil yang akan dicapai.

Pada kempatan yang sama, panitia pelaksana Bondowoso, Rahmat Ponco Mulyono, S.Pd., Gr., mengaku prestasi ini sangat membanggakan. “Saya berharap dua siswa yang lolos seleksi tingkat nasional ini dapat melaju terus ke tahapan tertinggi, yakni tingkat internasional,” tutur Ponco, sapaannya.

Ponco mengucapkan terima kasih atas pembinaan, dukungan, dan doa seluruh civitas akademika Bondowoso. “Mohon doa restu untuk pelajar Bondowoso yang akan berkompetisi di tingkat Nasional pada bulan Desember mendatang,” pungkasnya. (Zainul Muhaimin)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button