DaerahKadesRagamSumateraSUMUT

Syah Afandin Serahkan Penghargaan Bagi Perelisasi PAD Langkat yang Over Target Tahun 2021

BeritaNasional.ID, Langkat – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin, S.H, menyerahkan penghargaan kepada pencapaian realisasi target Pendapatan Asli Aaerah (PAD) Kabupaten Langkat Tahun 2021. Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Kantor Bapenda Langkat, di Stabat, Rabu (21/9/2022).

Penghargaan diberikan untuk Kepala Perangkat Daerah (KPD), para Camat, Koordinator Kecamatan Bapenda, para Kades/Lurah, para pengusaha dan pihak ketiga yang membantu terealisasinya PAD Langkat dengan over target.

Plt Bupati Langkat memberikan penghargaan guna memotivasi untuk terus semangat menggali beragam potensi, serta terus berpartisipasi merealisasikan target PAD yang telah ditetapkan.

“Kepada semua pihak yang telah menunjukan kinerja terbaiknya dalam merealisasikan target PAD, saya ucapkan terimakasih, dan sangat mengapresiasi terhadap kinerja masing-masing. Sebaliknya juga, bagi pihak yang belum berhasil memenuhi targetnya, diharapkan lebih meningkatkan kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap tugas dan jabatan.

Lakukanlah koordinasi dan evaluasi yang berkesinambungan, dan mencari titik lemah terhadap permasalahan- permasalahan yang ada, sehingga pada akhir tahunnya, target yang telah dibebankan kepada saudara, dapat terealisasi dengan baik, dan bila mungkin dapat melampaui target yang telah ditetapkan,” ungkap Plt Bupati Langkat H Syah Afandin, S.H.

Khusus para Camat, Kepala Desa dan Lurah, saya berharap dapat meningkatkan upaya penggalian potensi PAD, khususnya disektor Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB- P2) . Untuk itu, setelah kegiatan ini akan dilaksanakan sosialisasi verifikasi ulang terhadap objek dan subjek PBB- P2. Para Camat, Kepala Desa dan Lurah untuk mengikutinya kegiatan tersebut. Sehingga nantinya dalam melakukan verifikasi ulang, dapat dilakukan secara benar dan didapatkan potensi PBB -P2 secara akurat, sesuai kondisi, sebutnya.

Kepala Bappenda Langkat, Dra Hj Muliyani S, di kesempatan itu menyampaikan laporannya untuk tahun 2021. Bahwa, walaupun masih dalam situasi pandemi covid -19 target penerimaan pajak daerah sebesar Rp72.001.254.380, dapat direalisasikan dengan over target sebesar 101,83% atau sebesar Rp.73.316.017.857.

Dikatakannya, untuk pendapatan PAD target Rp168.644.529.430, dapat direalisasikan sebesar 93,97% atau sebesar Rp.158.480.919.771.64.

Ia menjelaskan, bahwa dari 15 KPD pengelola PAD, terdapat pencapaian Kepala Perangkat Daerah tertinggi yaitu:
1. Dinas Kesehatan
2. Badan Pendapatan
3. Dinas Kominfo
4. Dinas Ketenaga Kerjaan
5. Dinas Lingkungan Hidup
6. Dinas PUPR

Selanjutnya dari 23 Kecamatan terdapat 6 Kecamatan katagori pencapaian persentasi tertinggi yaitu:
1. Kecamatan Sawit Seberang
2. Kecamatan Secanggang
3. Kecamatan Babalan
4. Kecamatan Kuala
5. Kecamatan Batang Serangan
6. Kecamatan Brandan Barat

Katagori Koordinator Bapenda Pencapaian tertinggi yaitu:
1. Koordinator Sawit Seberang
2. Koordinator Secanggang
3. Koordinator Babalan
4. Koordinator Kuala
5. Koordinator Batang Sarangan
6. Koordinator Berandan Barat

Katagori Kepala Desa pencapaian persentase tertinggi yaitu:
1. Kepala Desa Namo Belin Kecamatan Kuala
2. Kepala Desa Halaban Kecamatan Besitang
3. Kepala Desa Sei Ular Kecamatan Secanggang
4. Kepala Desa Besilam Kecamatan Pandang Tualang
5. Kepala Desa Tapak Kuda Kecamatan Tanjung Pura
6. Kepala Desa Telagah Kecamatan Sei Bingai

Katagori Lurah pencapaian persentase tertinggi yaitu:
1. Lurah Pekan Kuala Kecamatan Kuala
2. Lurah Pekan Selesai Kecamatan Selesai
3. Lurah Beras Basah Kecamatan Pangkalan Susu
4. Lurah Bela Rakyat Kecamatan Kuala
5. Lurah Pekan Tanjung Pura Kecamatan Tanjung Pura
6. Lurah Brandan Timur Kecamatan Babalan

Perwakilan Wajib Pajak yang dapat merealisasikan PAD 2021:
1. PT PLN Binjai
2. PT Charoen Pokhphand Pangkalan Susu
3. PT Tirta Investama
4. PTPN ll Kuala Bingai
5. Restoran Stabat Seafood
6. Restoran ll Fried Chicken
7. Restoran Ayam Presto Cabe Hijau
8. PT Indomarco Prismatama
9. PT Helga Prima
10. PT Alvaro Utama Jaya
11. Erliasna Tarigan
12. Kartini Batubara

Sebelumnya diketahui, dipenghujung acara, Plt Bupati Langkat bersama Forkopimda dan jajaran menyerahkan pelakat dan hadiah penghargaan, diantara kepada 6 Kepala Perangkat Daerah yang berhasil merealisasikan target. Selanjut 6 kecamaatan pencapaian persentase tertinggi.

Kemudian 6 koordinator Bapenda pencapaian persentase tertinggi, 6 Kepala Desa pencapaian persentase tertinggi, 6 Lurah pencapaian persentase tertinggi, dan 12 perwakilan Wajib Pajak (WP) yang dapat merealisasikan PAD di Tahun 2021.

Usai kegiatan penyerahan penghargaan merelisasikan PAD, acara dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi PBB-P2 kepada para Camat, Lurah, dan Kepala Desa untuk peningkatkan PAD di Kabupaten Langkat.

Hadir dikegiatan itu, diantaranya, Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, S.H, S.I.K, Kajari Langkat Mei Abeto Harahap, Sekdakab Langat H Amril, Kepala Bank Sumut Cabang Stabat, Kepala Bank BRI Cabang Stabat, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, KPD, Camat, Lurah dan Kades se-Langkat, serta kordinator pajak kecamatan dan para wajib pajak lainnya.(Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button