Sumatera

Tahun 2023, UPT BLK Agam Laksanakan Pelatihan Berbasis Kompetensi

BeritaNasional.ID, AGAM SUMBAR – UPT Balai Latihan Kerja (BLK) DPMPTSP Kabupaten Agam, mulai memproses pelaksanaan pelatihan berbasis kompetensi 2023.

Kepala UPT BLK, Aris Priadi, Jum’at (27/01/23) mengatakan, tahun ini pelatihan dimulai awal Februari mendatang untuk 5 sub kejuruan. Ke-5 sub kejuruan itu seperti, pembuatan roti dan kue, practical office advance, servis sepeda motor konvensional, asisten pembuat pakai dan fillet welder pengelasan SMAW 3F.

“Pelatihan kita laksanakan di UPT BLK Agam, kini kita masih lakukan seleksi terhadap peserta,” ujarnya.

Ia mengatakan, setiap sub kejuruan diikuti 16 peserta, dengan lama pelaksanaan mulai dari 14 hingga 33 hari. Untuk penyeleksian peserta katanya, mininal yang mendaftar 20 orang.

“Seleksi kita laksanakan agar peserta ikuti pelatihan betul-betul mereka yang miliki kemauan,” katanya.

Dikatakan, pelatihan ini komitmen Pemkab Agam dalam melahirkan tenaga kerja yang unggul, dan siap ditempatkan di mana saja sesuai kejuruannya.

“Ini adalah bekal bagi pencari kerja untuk cari pekerjaan atau membuka usaha. Tentu dengan sendirinya angka pengangguran dapat ditekan,” ujarnya lagi.

Tidak hanya itu, selesai pelatihan peserta juga diberikan sertifikat kompetensi. Tahun ini, UPT BLK Agam laksanakan 18 paket pelatihan dari 8 sub kejuruan. (RieL)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button