Nasional

Tanggal Merah, Tim Dukcapil Jemput Bola di Lapas Rajabasa Bandar Lampung

BeritaNasional.ID, Bandar Lampung – Seolah tak ada tanggal merah bagi jajaran Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri. Perintah Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian agar Dinas Dukcapil di 34 provinsi dan 514 Kabupaten/Kota tetap produktif dengan memberi pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) di hari libur, disambut dengan sukacita oleh Tim Dukcapil pusat.

Dipimpin Kasubdit Fasilitasi Pendaftaran Penduduk (Dafduk) Direktorat Dafduk Ditjen Dukcapil Kemendagri RI, Ridwan, Tim Dukcapil yang terdiri dari Dinas Dukcapil Provinsi Lampung dan Dukcapil Kota Bandar Lampung melakukan layanan jemput bola ke Lembaga Pemasyarakatan Rajabasa Kelas 1 Bandar Lampung, Kamis (29/10/2020), bertepatan dengan libur Maulid Nabi Muhammad SAW.

Pelayanan perekaman data KTP-el langsung cetak ini diberikan demi menyukseskan Pilkada di Kota Bandar Lampung dan memenuhi hak konstitusional para warga binaan.

Kegiatan berlangsung dalam rangka memenuhi permohonan Kepala Lapas Rajabasa Kelas 1 Bandar Lampung kepada Kadis Dukcapil Kota Bandar Lampung.

“Ini juga menyambut perintah Bapak Mendagri serta Pak Dirjen Dukcapil dalam rangka pelayanan di hari libur. Alhamdulillah sebanyak 150 warga binaan Lapas Rajabasa Bandar Lampung sudah berhasil dilaksanakan perekaman data KTP elektronik. Dalam waktu 3 menit dan paling lama 5 menit data rekam langsung print ready record PRR dan dicetak saat itu juga,” kata Ridwan dalam laporannya kepada Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh, Kamis (29/10/2020).

Kegiatan pelayanan hari libur oleh Disdukcapil Kota Bandar Lampung dihadiri juga oleh Pejabat Prov Lampung, Kadis Dukcapil Provinsi Lampung, serta Ketua dan Sekretaris Forum Kadisdukcapil yang juga Kadis Dukcapil Kabupaten Pesawaran-Bali, dan Kadis Dukcapil Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung.

Sementara itu, Dirjen Zudan menyebutkan kabar gembira bahwa upaya kerja keras aparatur Dukcapil ini tidak sia-sia. Sebab, Mendagri Tito Karnavian akan memberikan piagam penghargaan.

“Yang lebih menggembirakan lagi, Mendagri Tito Karnavian berkenan memberikan apresiasi yang tinggi dengan menyediakan reward berupa 20 Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) bagi daerah yang menunjukkan kinerja terbaiknya,” kata Dirjen Zudan memberikan semangat. (Rls/Br)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button