PemerintahanSinjai

Terapkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) UPTD SMP Negeri 1 Sinjai Olah Makanan Dari Ikan

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL – Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Tujuannya untuk mewujudkan Pelajar yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

UPTD SMP Negeri 1 Sinjai adalah salah satu sekolah yang menyelenggarakan IKM dengan membuat makanan olahan bahan pangan lokal dari ikan, Rabu (31/5/2023).

Wakil Kepala SMPN 1 Sinjai Bidang Kesiswaan Darmawati mengatakan Kegiatan memasak bersama ini tak hanya sebatas aktivitas membuat makanan, tetapi juga menjadi momen untuk mengenalkan kekayaan lokal kepada siswa.

“Jadi tidak hanya sebatas memproduksi, siswa juga diajarkan bagaimana membuat kemasan yang menarik hingga cara mempromosikan produknya agar laku terjual. Pekan depan kami adakan pameran karya dengan mengundang para orang tua siswa untuk melihat produk-produk siswa”. Jelas Darmawati

Makanan dari olahan ikan yang dibuat oleh siswa kelas VII ini tersaji dalam berbagai macam mulai dari bakso ikan, nuget, sate ikan, mpek-mpek ikan tenggiri, laha bete dan berbagai olahan makanan lainnya.

Kegiatan ini direspon sangat baik oleh siswa. Menurut Diva Maharani siswa kelas VII.1 merasa senang dengan adanya kegiatan P5 ini sebab para siswa diberi keleluasan untuk berkreasi dan berinovasi dalam membuat makanan.

Mereka bisa belajar cara menjalankan usaha atau bisnis dengan mulai memproduksi, membuat kemasan hingga memasarkan.

Dengan begitu melalui P5 yang merupakan implementasi dari kurikulum merdeka belajar ini, Darmawati berharap
para siswa memiliki jiwa kewirausahaan sejak dini sehingga kedepan dapat membuka usaha secara mandiri dan mencari penghasilan sendiri setelah mereka lulus sekolah.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button