Jawa TimurRagamSitubondo

Tiga Hari Pencarian, Tim SAR Gabungan Akhirnya Menenukan Kakek Misnadin Dalam Keadaan Selamat

BeritaNasional.ID – Situbondo Jawa Timur, Setelah hari ke tiga pencarian, akhirnya Kakek Misnadin (73) yang dinyatakan hilang akhirnya ditemukan tim SAR Gabungan. Kakek Misnadin ditemukan dalam kondisi selamat, pada Selasa (14/3/2023) sekitar pukul 15.30 WIB di kawasan hutan Taman Nasional Baluran, Kabupaten Situbondo.

Puriyono Penyusun data dan laporan pada Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana pada BPBD Kabupaten Situbondo menjelaskan, sekitar Pukul 14.00 WIB tim SAR gabungan bersama warga setempat berhasil menemukan Misnadin di Palungan dari area perkebunan tebu menuju Utara Blok Tegalwero Blok HM 37 menuju ke Curah Wedi  TKP ditemukannya sepeda ontel Kakek Misnadin.

Selanjutnya, kata Puriyono, Kakek Misnadin di evakuasi menggunakan tandu menuju posko SAR Gabungan kemudian di bawa ke Puskesmas Bajulmati Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi menggunakan mobil milik Taman Nasional Baluran untuk pemeriksaan kesehatan Kakek Misnadin.

Sementara itu, koordinator Pos SAR Banyuwangi, Wahyu Setia Budi mengatakan, dalam upaya pencarian kakek Misnadin ini, tim SAR gabungan telah mengerahkan dua SRU untuk menyisir dua area berbeda di hutan kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo.

“Total luas dua area yang disisir tim SAR gabungan ini sekitar 8,38 kilometer. Masing-masing SRU terdiri dari sekitar 15 orang, dengan jarak penyisiran antar personel sekitar 2 hingga 3 meter. Sejumlah peralatan SAR digunakan untuk mendukung upaya pencarian penyintas, diantaranya peralatan navigasi darat seperti kompas, peta wilayah, peralatan evakuasi, peralatan komunikasi, peralatan medis dan sejumlah peralatan pendukung lainnya,” jelas Wahyu.

Langkah lain yang dilakukan tim SAR gabungan, sambung Wahyu, untuk mengoptimalkan upaya pencarian penyintas ini, maka dilakukan menyebarkan informasi kepada warga yang beraktivitas di kawasan Taman Nasional Baluran. “Melalui penyebarluasan informasi tersebut, jika ada warga sekitar Taman Nasional Baluran yang mengetahui keberadaan penyintas, maka diharapkan untuk segera melaporkannya kepada tim SAR gabungan agar segera direspon,” terang Wahyu.

Tak hanya itu yang disampaikan Wahyu, namun dia menjelaskan bahwa keberhasilan upaya pencarian hingga evakuasi penyintas ini berkat kerjasama yang baik dari sejumlah pihak, diantaranya tim operasi Pos SAR Banyuwangi, Petugas Taman Nasional Baluran, Polsek Wongsorejo, Koramil Wongsorejo, BPBD Banyuwangi, BPBD Situbondo, Tagana Dinsos Situbondo, 851 Rescue, RAPI, Damkar Banyuwangi, warga sekitar dan potensi SAR lainnya. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button