AdvedtorialGorontalo

Tim Direktorat Konservasi Ekosistem dan Biota Perairan Kunjungi Kawasan Konservasi di Kabupaten Gorut

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Menindaklanjuti pertemuan dihari sebelumnya terkait Asistensi Teknis dan Sosialisasi Penetapan Kawasan Konservasi antara Direktorat Jenderal Pengelolaan Kelautan & Ruang Laut bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo, Tim Direktorat Konservasi Ekosistem dan Biota Perairan melakukan kunjungan lapangan ke Kawasan Konservasi yang akan ditetapkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Rabu (22/5/2024).

Kunjungan lapangan yang dilakukan bersama Tim Bidang Pengelolaan Ruang Laut dan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PRL dan PSDKP) Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo, untuk melihat komitmen Pemerintah Daerah dalam hal percepatan penetapan Kawasan Konservasi Laut Daerah.

Lokasi yang menjadi kunjungan adalah kawasan perairan di Pulau Raja dan Perairan Pulau Popaya Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara.
Kawasan Perairan Pulau Raja dan Perairan Pulau Popaya memiliki potensi keanekaragaman biodiversiti hayati laut yang sangat tinggi seperti keanekaragaman terumbu karang dan menjadi lokasi bertelur spesies Penyu Sisik dan Penyu Hijau.

Adapun di wilayah lokasi perairan Pulau Raja dan Pulau Popaya juga sudah terbentuk Kelompok Penggerak Konservasi (KOMPAK) Sinar Penyu serta POKMASWAS Maritim yang mendukung kegiatan monitoring dan pengawasan di kawasan perairan tersebut.

“Kunjungan lapangan ini diharapkan dapat mendorong percepatan penetapan Kawasan Konservasi Perairan Daerah Provinsi Gorontalo sehingga dapat mendukung pelestarian keanekaragaman hayati laut dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya kelautan secara bijak, lestari dan berkelanjutan,” ucap Kabid Pengelolaan Ruang Laut dan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan, Syafrie A.B Kasim.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button