Daerah

TNI Gandeng Pemkab Bondowoso Belajar Penggunaan Internet Yang Aman

Berita Nasional.ID, Bondowoso Jawa Timur – Komando Distrik Milter (Kodim) 0822/Bondowoso melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Pemerintah di aula Jenderal Sudirman Makodim, Rabu (3/5).

Kegiatan ini mengangkat tema ‘Tranformasi Digital Ciptakan Aparat Pemerintah Unggul’.T ujuannya adalah silaturahmi sekaligus meningkatkan kesadaran tentang penggunaan internet dan media sosial secara bijak di lingkungan pemerintahan. Turut hadir perwakilan Polres, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, dan perwakilan Pemerintah Desa/Kelurahan.

Dandim 0822/Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr.Hanla., diwakili Pasipers Kapten Inf Moeljanto menyampaikan, kegiatan ini adalah program dari Angkatan Darat sampai ketingkatan bawah. Yaitu Komsos bersama aparat pemerintah. Sinergitas tiga pilar, TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah tidak bisa dipisahkan dan harus hadir bersama-sama di tengah-tengah masyarakat.

“Melalui jalur inilah (Komsos), kita bisa bertemu dan bersilaturahmi,” ucapnya. Perkembangan media dan teknologi, khususnya kehadiran internet memberikan dampak signifikan bagi banyak aspek kehidupan. Terlebih akibat pandemi Covid-19, kegiatan pembelajaran, perkantoran, jual beli, dan lainnya beralih menggunakan media online. Termasuk kegiatan koordinasi antara TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah biasa dilakukan melalui grup chatting.

Seiring dengan perubahan yang terjadi, perkembangan teknologi informasi tidak hanya membawa dampak positif, tetapi juga dampak negatif. “Banyak terjadi hal-hal karena kelalaian dan kecerobohan kita, akhirnya yang terjadi adalah, kalau dulu mulutmu harimau, tapi sekarang, jarimu adalah harimau,” jelasnya.

Ditambahkan, saat ini tidak sedikit ujaran kebencian terlontar dalam Medsos, yang sulit dihilangkan yang disebut jejak digital. Sekarang sudah ada Undang-Undang Informasi dan Transaksi Eleketronik (UU ITE).

Ditempat yang sama, Harini Pujiastuti, S. Kom., Kabid Statistik Kominfo Bondowoso menjelaskan cara berinternet yang sehat dan aman. Diantaranya, menunjukkan perilaku baik di dunia maya, memeriksa pengaturan akun dan kata sandi, jangan menyebarkan rumor, tidak sembarang menerima pertemanan, berpikir dahulu sebelum mengirim sesuatu, dan hendaknya verifikasi kembali berita sebelum dibagikan. (Zainul Muhaimin).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button