BondowosoDaerahJawa Timur

TWA Kawah Ijen Ditutup Sementara

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Dirjen Konservasi SDA dan Ekosistem Balai Besar Konservasi SDA Jawa Timur mengumumkan Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen ditutup sementara mulai 3 Januari 2024.

Keputusan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) : 01/K2/BIDTEK.1/KSA/01/2024 tentang Penutupan Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen. SE ini berlaku untuk TWA Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi.

“Dalam rangka evaluasi kegiatan kunjungan wisata alam selama Tahun 2023 dan persiapan untuk kegiatan kunjungan wisata alam Tahun 2024, maka dilakukan penutupan sementara kegiatan kunjungan wisata di Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen mulai 3 Januari 2023 sampai batas waktu yang tidak ditentukan,” bunyi surat edaran tersebut seperti dilihat mili.id, Selasa (2/1/2024).

Ketika dikonfirmasi, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Kadisparbudpora) Kabupaten Bondowoso, Mulyadi, SP, MM membenarkan penutupan sementara TWA Kawah Ijen.

“Setiap tahun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Dirjen Konservasi SDA dan Ekosistem Balai Besar Konservasi SDA Jawa Timur menutup TWA Kawah Ijen untuk evaluasi,” kata Mul, sapaannya.

Penutupan TWA Kawah Ijen dilakukan, lanjutnya, untuk mengevaluasi area pendakian masih layak atau tidak. Disamping itu untuk membersihkan sampah agar kebersihan/eksotik Kawah Ijen tetap terjaga.

Mantan Kepala Plt Dinas Binamarga Sumberdaya air Bina Konstruksi ini  tidak bisa memastikan TWA Kawah Ijen kapan dibuka lagi, karena merupakan kewenangan KLKH. Kondisional, tergantung banyak tidaknya sampah yang harus dibersihkan.

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button