Wartawan BeritaNasional.ID Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
AdvedtorialDaerahPemkab SidrapRagamSidrapSulawesiTNI Dan Polri

Wabup Mahmud Yusuf Pimpin Rapat Penanggulangan Bencana Banjir di Makodim

image_pdf

BeritaNasional. ID, Sidrap —Wakil Bupati Sidrap, H Mahmud Yusuf memimpin Rapat Penanggulangan Bencana di Makodim 1420 Sidrap, Selasa 14 Mei 2019.

Rapat diikuti Dandim 1420 Sidrap Letkol Inf J.P Situmorang, Kapolres Sidrap AKBP Budi Wahyono, Ketua PN Sidrap, Bintang AL, Kejari Sidrap, Djasmaniar dan Wakil Ketua DPRD Sidrap, H Arifin Damis.

Turut hadir, Kepala Pelaksana BPBD Sidrap, H Siara Barang, Kabid Penegakan Perda Satpol PP Sidrap, Akbar dan unsur lainnya.

Rapat itu sendiri merupakan bagian Latihan Posko I yang digelar Kodim 1420 Sidrap. Latihan bertujuan meningkatkan kemampuan jajaran Kodim 1420 Sidrap dalam memelihara dan meningkatkan kemampuan prosedur dalam mengantisipasi berbagai macam permasalahan dan potensi ancaman di wilayah Kabupaten Sidrap.

Dalam latihan itu, diskenariokan Kodim 1420 Sidrap menggelar rapat operasi bantuan bersama Pemerintah Kabupaten Sidrap dalam rangka menghadapi ancaman bencana banjir yang akan terjadi di wilayah Sidrap.

Meski demikian, rapat berlangsung serius membahas berbagai isu penting yang dibutuhkan saat terjadi bencana banjir. Berbagai ide, masukan maupun dukungan mencuat dari diskusi tersebut.

Di antaranya, perlunya koordinasi lintas sektoral dalam penanganan bencana, dukungan penganggaran, langkah preventif mencegah banjir, serta pelatihan bagi warga menghadapi bencana.

Wakil Bupati Sidrap, Mahmud Yusuf mengapresiasi kegiatan latihan rapat penanggulangan bencana banjir tersebut yang diadakan oleh Kodim 1420 Sidrap tersebut.

“Kegiatan ini salah satu bentuk kepedulian menghadapi suatu bencana banjir yang suatu saat bisa terjadi di wilayah Sidrap, walaupun hanya sebuah latihan tetapi ini sebagai masukan dan persiapan untuk kedepannya,” ujar Mahmud Yusuf.

Sementara Dandim 1420 Sidrap Letkol Inf J P Situmorang mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program kerja Kodim 1420 guna menguji kinerja dan kemampuan menjalankan tugas pokok, selain menjaga keutuhan NKRI. Misalnya dalam rangka antisipasi bencana alam.

Pada intinya, latihan posko ini untuk melatih mekanisme kerjasama antara TNI dan instansi lainnya dalam rangka mengantisipasi ancaman bencana alam.

“Jika ada ancaman, semua instansi sudah sama-sama siap dengan tugasnya masing-masing,” terang J P Situmorang.

(Risal Bakri)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close