Sidrap

Wabup Sidrap Buka Rakor Gugus Tugas Reforma Agraria, Ini Pesannya

 

BeritaNasional.ID, Sidrap – Wakil Bupati Sidrap, H. Mahmud Yusuf, membuka rapat koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Kabupaten Sidrap, di Ballroom Hotel Grand Zidny, Kamis 1 Maret 2021.

Rapat dihadiri Sekretaris Daerah Sidrap, Sudirman Bungi, Kepala Badan Pertahanan Nasional (BPN) Sidrap, Syamsuddin K, unsur forkopimda dan sejumlah kepala OPD lingkup Pemkab Sidrap.

Dalam sambutannya Wabup Sidrap Mahmud Yusuf mengatakan pelaksanaan kegiatan GTRA memiliki arti penting sebagai upaya menata kembali kehidupan bersama yang berkeadilan sosial.

Reforma agraria merupakan tugas pemerintah yang harus dilaksanakan oleh kementerian dan lembaga terkait. Sehingga harus ada sinergi antara badan pertanahan nasional dan pemerintah daerah serta instansi terkait dalam proses pelaksanaannya.

“Tujuan reforma agraria di antaranya, mengurangi ketimpangan penguasaan dan pemilikan tanah dalam rangka menciptakan keadilan, menangani sengketa dan konflik agraria dan panduan pelaksanaan GTRA,” ungkap Mahmud Yusuf.

Mahmud Yusuf juga mengutarakan bahwa untuk mewujudkan tujuan tersebut telah dibentuk kelembagaan penyelenggaraan reforma agraria di tingkat pusat dan daerah.

Sebagai tindak lanjut, kata Mahmud YUsuf tanggal 14 januari 2021 telah ditetapkan Keputusan Bupati Sidenreng Rappang No 185/1/2021 tentang Tim Gugus Tugas Reforma Agraria Kabupaten Sidenreng Rappang.

“Saya minta anggota tim yang telah ditunjuk dapat bekerja bersama-sama untuk mewujudkan tujuan reforma agraria,” lontar Mahmud Yusuf.

Diharapkannya pula, melalui itu diperoleh kesepahaman dan kesepakatan mengenai arah kebijakan dan penanganan reforma agraria serta penguatan kapasitas reforma agraria di tingkat kabupaten. (Risal Bakri).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button