Sidrap

Wabup Sidrap Hadiri Launching Gerakan Koperasi Penanaman Jagung di Desa Bila Riase

BeritaNasional.ID, Sidrap – Gerakan Koperasi Penanaman Jagung oleh Kelembagaan Pemuda Tani Desa Bila Riase Kecamatan Pitu Riase Sidrap, Resmi di Launching oleh Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Minggu tanggal 26 Juli 2020 sekitar pukul 10.45 wita bertempat di Desa Bila Riase Kec. Pitu Riase Kab. Sidrap.

Launching Gerakan Korporasi Penanaman Jagung oleh kelembagaan pemuda Tani (kelompok usaha tani KUB 99 ) dengan mengangkat tema ” Penguatan Kelembagaan Pemuda Dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani “.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mendukung program penguatan regenerasi petani dan pembinaan wirausaha muda pertanian dalam mewujudkan kedaulatan pangan Nasional dan menjaga peran penyangga Pangan Nasional serta keberlanjutan Swasembada jagung di Sulawesi- Selatan khususnya di Kabupaten Sidrap dengan luas kurang lebih 350 Ha.

Adapun rangkaian kegiatan gerakan Koperasi Penanaman Jagung yakni :
1). Pembukaan.
2). Laporan Ketua KUB terkait gerakan Korporasi penanaman jagung di Desa Bila Riase Kec. Pitu Riase Kab. Sidrap.
3). Sambutan sekaligus peresmian gerakan korporasi penanaman jagung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan
4). Penanaman jagung bersama Wakil Gubernur Sulawesi Selatan beserta seluruh unsur Kab. Sidrap.
5). Dialog antara Wakil Gubernur Sulawesi Selatan bersama Ketua-ketua kelembagaan pemuda tani, organisasi kemahasiswaan dan organisasi kepemudaan.
6). Doa dan penutup.

Wagub Sulsel Sudirman Sulaiman mengatakan sangat apresiasi dan langkah yang di lakukan oleh masyarakat Desa Bila Riase, dalam melakukan suatu gerakan, yakni gerakan Koperasi Penanaman Jagung.

“Ini patut mendapat jempol bagi semua pihak, pasalnya dalam menggalakkan dan memulai suatu gerakan Koperasi itu sangatlah tidak muda, utamanya dalam mengumpulkan anggota, dan yang terpenting adalah Kepercayaan yang di bangun,” ungkap Sudirman Sulaiman.

Lanjut Sudirman Sulaiman berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan berkesinambungan, ini tidak lain adalah untuk kesejahteraan Masyarakat, dan intinya jika pengelolaannya baik, tentu dilirik banyak pihak.

Sementara itu Wabup Sidrap Mahmud Yusuf mengatakan Selamat datang pak Wabup Sulsel di Bumi Nene Mallomo, dan terima kasih atas kehadirannya dan kesempatannya untuk hadir dalam peresmian atau Launching Gerakan Koperasi Penanaman jagung

Lanjut Mahmud Yusuf mengatakan di Kab Sidrap ini, masyarakat masih punya rasa gotong-royong, sebagai mana dalam falsafah Orang Sidrap yaitu ” Resopa Temmangingngi Namalomo Naletei Pammase Dewata, artinya dengan kerja keras yang di Sertai dengan Niat Suci, Insyah Allah Rahmat Tuhan Akan Tercurah.

“Dengan berpedoman falsafah ini, Gerakan Koperasi Penanaman jangung dapat terlaksana dengan baik, dan tentunya hal ini menjadi wahana untuk budaya bercocok tanam , guna untuk meningkatkan kesejahteraan Petani dan umumnya Masyarakat kita,” urai Mahmud Yusuf.

Usai peresmian tersebut, di lakukan penanaman jangung dengan menggunakan alat moderen yang secara manual, efektif, efisien dan teratur, baik dari segi jumlah maupun jarak tanam, yang di lakukan Wagub Sulsel Sudirman Sulaiman dan Wabup Sidrap Mahmud Yusuf dan sejumlah aparat terkait.

Kegiatan Launching ini, dihadiri Wakil Bupati Sidrap Mahmud Yusuf,
Inspektur Kab. Sidrap ROHADY Ramadhan, Kapolres Sidrap diwakili oleh Kapolsek Pitu Riase Ipda Amiruddin,
Menejer Inventaris Oerusahaan PT. BULS (BULI) Andi Sukri Baharman, Kades Bila Riase Sirajuddin, Babinsa Koptu Junaedi, Kepala BPP Pitu Riase Ladda, Ketua Panitia Riswandi dan Para Kelompok Tani KUB, Tokoh Masyarakat, Agama dan Masyarakat Desa Bila Riase.(Risal Bakri)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close