Wartawan BeritaNasional.ID Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
Pemkab Sidrap

Wabup Sidrap Mahmud Yusuf Tutup Pekan Budaya Daerah 2019

image_pdf

BeritaNasional.ID Sidrap,- Pekan Budaya Daerah yang digelar selama sepekan, dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sidrap yang ke-675, yang jatuh pada tanggal 18 Februari 2019 secara resmi ditutup oleh Wakil Bupati Sidrap.

Wakil Bupati Sidrap H. Mahmud Yusuf sore tadi resmi menutup Pekan Budaya Daerah Tingkat Kabupaten Sidrap, yang berlangsung di Aula SKPD Kantor Bupati Sidrap, Jum’at 15 Februari 2019.

Wabup Mahmud Yusuf dalam sambutannya mengatakan pekan budaya ini perlu dilestarikan, pasalnya kegiatan ini sebagai modal ciri khas daerah kita.

Menurut Mahmud Yusuf mengatakan, terkait dengan Kacapi,  dia meminta melibatkan banyak orang. Setidaknya sampai 500 Kecapi, bila hal ini kita lakukan, pasti mendapat perhatian, apalagi jika diundang ke Istana, itu menjadi kebanggaan kita semua, ungkap Mahmud Yusuf.

Dijelaskan Mahmud Yusuf, penutupan pekan budaya daerah ini, sebagai bukti komitmen dan semangat untuk melestarikan budaya daerah kita dan sekaligus merefleksikan kecintaan kita kepada budaya daerah kita sendiri.

Kegiatan pekan budaya ini, merupakan tindak lanjut dari agenda 100 hari kerja dan penjabaran dari salah satu misi kami selaku Bupati dan Wakil Bupati Sidrap, yaitu memajukan dan menciptakan kondisi kehidupan beragama san serta meningkatkan kualitas budaya lokal sebagai basis dalam menciptakan kehidupan sosial kemasyarakatan yang kondusif.

Lanjut Mahmud Yusuf, melalui pekan budaya ini, berbagai kegiatan yang kita lakukan guna mengali dan mengangkat kembali khasanah budaya, antara lain ; Lomba Osong Tingkat SD, Baca Huruf  Lontara SD dan SMP, Lomba Lagu Daerah antar Kecamatan, Mappadendang antar Kecamatan, Ana’Dara’Na Kallolona Sidenreng Rappang, dan Lomba Simponi Kecapi antar Kecamatan.

Dalam kegiatan pekan budaya ini, ada beberapa hal yang penting untuk menjadi perhatian dan bahan evaluasi antara lain, Bahwa Pekan budaya kita jadikan sebagai sarana silaturrahmi, untuk memperkokoh rasa kekeluargaan, kebersamaan dan persaudaraan, sehingga terciptanya keharmonisan dan kedamaian.

Selain itu kata Mahmud Yusuf, dengan terselenggaranya kegiatan ini dengan baik dan lancar, ia harap kedepan dapat terus ditingkatkan kualitasnya, sehingga menjadi agenda Pariwisata Sulawesi Selatan dan selanjutnya kegiatan yang dilombakan lebih menarik dan tingkatkan dana pembinaannya.

Dengan mereliasasikan kegiatan ini, kata Wabup Mahmud Yusuf,  dibutuhkan kepedulian, dukungan dan keterlibatan semua pihak, baik Pemerintah, Masyarakat maupun para pelaku seni itu sendiri, utamanya proaktif dan berpartisifasi.

Hadir dalam penutupan Pekan Bidaya Daerah, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sidrap Nurkanaah, SH, M. Pd, Sekreraris Dinas Pendidikan Syahrul Syam SH, M. Pd, Para Kabid Lingkup Dinas Pendidikan, Ketua PGRI Sidrap Drs. Muslimin, M. Pd. Para Kepala Sekolah SD dan SMP Se Kab Sidrap,

Usai acara penutupan, Wabup Mahmud Yusuf beesama Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Nurkanaah, menyayi bersama dengan lagu Wanuaakku Sidenreng Rappang.

(Risal Bakri)

Show More

Related Articles

Close